Syarief Hasan, Menegakkan Check and Balance di Parlemen

330

Program Binaan UMKM hinga Persiapan Pilkada

Pernah menjabat sebagai Menteri Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (2009–2014), ia menjadi pelopor program Binaan UMKM di Partai Demokrat. Hampir 100 UMKM yang telah berhasil dibantu. “Pak Ketua Umum menginstruksikan setiap anggota DPR Fraksi Partai Demokrat harus membina UMKM di dapil masing-masing. Sebelum memberikan bantuan, saya selalu tanya butuh modal berapa untuk belanja sehari. Saya juga tegaskan, kalau ada untungnya untuk merokok dan membeli barang-barang konsumtif, melainkan menabung. Setelah sebulan, saya kembali ke sana untuk melakukan evaluasi, Alhamdulillah hasilnya positif,” urai Syarief bangga.

Ia menerangkan, UMKM itu tidak pernah bicara soal bunga, yang dibutuhkan adalah kecepatan dan ketepatan untuk mendapat bantuan modal. “Kalau kita mengharapkan mereka untuk mendatangi agak lambat, jadi lebih bagus pemerintah turun ke lapangan, mendatangi dan mendata klaster-klaster UMKM. Dengan demikian, UMKM semakin bagus, kemiskinan bisa ditekan lagi. Insyaallah dapat kembali seperti tahun 2014 di mana angka kemiskinan turun sebesar 10 persen,” ujarnya.

Terkait persiapan Pilkada Serentak, Arief menuturkan Partai Demokrat terus memberikan amunisi kepada calon-calon kepala daerahnya. “Kami tetap menginstruksikan mematuhi untuk mematuhi protokol ­­kesehatan, semangat demokrasi harus tetap dijaga, dan terakhir mari kita turut memberikan pengawasan pelaksaan Pilkada ini secara demokratis dan transparan,” pungkas suami Inggrid Kansil ini. (**)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here