Surga Memiliki 8 Pintu, Apa Aja Ya?

12837

Pintu Shalat

Orang-orang yang termasuk ke dalam golongan ahli shalat akan dipanggil lewat pintu ini. Tentu shalat yang secara kuantitas dan kualitas teramat istimewa. Bukan hanya biasa-biasa saja. Terlebih yang mengerjakannya sebatas rutinitas dan penggugur kewajiban. Orang-orang yang akan dipanggil lewat pintu ini ialah yang merasakan shalat sebagai kebutuhannya. Tidak perlu ditanya lagi berapa kuantitasnya, sebab mereka telah sampai pada derajat kualitas luar biasa.

Pintu jihad

Orang-orang yang mengabdikan diri di jalan Allah, menyedekahkan jiwa dan raganya untuk membela agama Allah, akan dimasukkan lewat pintu ini. Sebagaimana janji Allah, bahwa para mujahid akan masuk ke dalam surga tanpa hisab. Sebab mereka telah dengan rela melepaskan kepentingan dunianya, untuk semata-mata mengejar keridhaan Allah. Mengorbankan nyawanya untuk menegakkan agama Allah.

Pintu Puasa (Ar-Rayyan)

Orang-orang yang baik puasanya akan dimasukkan ke dalam surga lewat pintu ini. Tentu bukan hanya mengerjakan yang fadhu, tetapi sudah sampai pada derajat tegakknya sunnah-sunnah, senin-kamis, tiga hari di setiap tengah bulan, hingga puasa daud yang sehari puasa sehari tidak. Selain kuantitas yang amat baik, kualitasnya pun sudah tidak perlu diragukan. Tersebab itulah Allah menjanjikan surga bagi yang mengabdikan hidupnya sebagai ahlul siyam.

Pintu Sedekah

Orang-orang yang merelakan sebagian hartanya untuk diberikan di jalan Allah akan masuk pada pintu ini. Meski sedekah erat kaitannya dengan harta benda, tetapi tidak ada jaminan orang yang berlebih hartanya akan dipanggil dari pintu ini. Sebab ibadah murni datangnya dari dasar hati, bukan dari keadaan materi. Begitu banyak orang yang teramat berlebihan harta bendanya, tetapi justeru enggan bersedekah, apalagi melebihkan sedekahnya. Sungguh berbeda dengan Rasul dan para sahabatnya, yang dengan kekayaannya, justeru berlomba-lomba menginfaqkannya di jalan Allah Subhanahu Wa Ta’ala.

Pintu Al-Ayman

Dalam sebuah riwayat Imam Bukhari dan Muslim, dari Abu Hurairah, Rasulullah bersabda, “Wahai Muhammad, suruhlah umatmu (yaitu) orang-orang yang tidak dihisab untuk masuk ke dalam surga melalui pintu Al-Ayman yang merupakan di antara pintu-pintu surga. Sedangkan pintu-pintu yang lain adalah pintu surga bagi semua orang.”

1
2
3
BAGIKAN

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here