Sudahkan Dibiasakan? Ikuti Cara Rasul Memakai Baju

64

Oleh: A. Hamid Husain (Alumni Pondok Modern Gontor, King Abdul Aziz University, dan Ummul Qura University)

Pengetahuan kita sebenarnya sudah sangat memadai, tinggal “actionnya”, tinggal prakteknya yang harus kita biasakan.

Islam menginginkan agar semua kegiatan menjadi ibadah dan sumber pahala demi bekal Akhirat yang sedang kita tuju sekarang ini. Karena, Rasul ingin sekali, semua Ummatnya masuk Surga.

Rasulullah ﷺ bersabda:

كل أمتي يدخلون الجنة إلا من أبى

“Setiap orang dari umatku akan masuk Surga, kecuali yang tidak mau”.

BACA JUGA: Mumpung Masih Ada Kesempatan

Para Sahabat Rasul pun bertanya:

 قيل ومن يأبى يا رسول الله؟

“Memangnya, ada yang tidak mau masuk Surga yaa Rasulallah?”

Rasulullah ﷺ menjawab:

 قال: من أطاعني دخل الجنة، ومن عصاني فقد أبى

“Siapa saja yang taat kepadaku, maka Surga adalah tempatnya. Dan siapa yang ingkar, maka mereka itu adalah orang orang yang tidak mau diajak masuk Surga.”

Tentu kita ingin masuk Surga. Maka mulai sekarang jadikanlah semua kegiatan harian kita menjadi ibadah, amal shalih pengumpul pahala yang akan memasukkan kita ke Surga Alfirdaus.

BACA JUGA: Menjadi Shalih, Bukan Thalih

Mungkin di mata kita adalah hal kecil, remeh temeh, namun karena kita lakukan mengikuti Sunnah Rasulullah, maka di mata Allah menjadi hal yang dinilai berpahala besar.

Misal, salah satu kegiatan yang setiap hari kita lakukan adalah melepas dan memakai baju. Ternyata jika kita memakai baju ikuti cara Rasul, maka akan menjadi ibadah.

Rasulullah ﷺ mengajarkan kita cara memakai baju, yaitu setiap memakai baju, terutama baju baru, Rasulullah berdoa dulu:

كان رسول الله صلى الله عليه وسلم اذا استجد ثوبا سماه باسمه عمامة او قميصا او رداء ثم يقول :اللهم لك الحمد ان كسوتنيه اسالك خيره و خير ما صنع له واعوذ بك من شره وشر ما صنع له. (رواه الترمذى وصححه الا لبانى ١٧٦٧)

“Apabila Rasulullah ﷺ akan memakai pakaian baru, baik itu Sorban, atau Qamis ataupun jubah, selalu beliau berdoa:

اللهم لك الحمد ان كسوتنيه اسألك خيره و خير ما صنع له. واعوذ بك من شره وشر ما صنع له

Allaahumma lakal hamdu, an kasautaniihi, as aluka khoirahu wa khoira maa shunia lahu. Wa a’uudzu bika min syarrihii wa syarri maa shuni’a lahuu.

BACA JUGA: Mati Mendadak

(Yaa Allah, segala puja puji hanya untukMu. Sungguh, jika aku menggunakan pakain ini sebagai penutup badanku, maka aku memohon padaMu, anugerahilah aku kebaikan kebaikan pakaian ini dan kebaikan kebaikan yang terkait dengan pakaian ini. Dan aku berlindung padaMu dari semua keburukan yang ada pada pakaian ini dan keburukan keburukan yang mungkin timbul karena adanya pakaian ini)”.

(Hadits Sahih Riwayat Al-Imam At-Tirmidzi, diperkuat oleh Al-Albani no. 1767).

POINTERS:

1. Jadikanlah kebiasaan bahwa setiap memulai memakai baju, jangan lupa membaca doa ini;

اللهم لك الحمد ان كسوتنيه اسألك خيره و خير ما صنع له. واعوذ بك من شره وشر ما صنع له

Allaahumma lakal hamdu, an kasautaniihi, as aluka khoirahu wa khoira maa shunia lahu. Wa a’uudzu bika min syarrihii wa syarri maa shuni’a lahuu.

BACA JUGA: Allah Ta’ala Terus Menatap Kita

“Yaa Allah, segala puja puji hanya untukMu. Sungguh, jika aku menggunakan pakain ini sebagai penutup badanku, maka aku memohon padaMu, anugerahilah aku kebaikan kebaikan pakaian ini dan kebaikan kebaikan yang terkait dengan pakaian ini. Dan aku berlindung padaMu dari semua keburukan yang ada pada pakaian ini dan keburukan keburukan yang mungkin timbul dari adanya pakaian ini”.

2. Demikian pula aktifitas rutin kita yang lain, seperti bangun tidur, masuk kamar mandi, memulai mandi, keluar dari kamar mandi, akan makan, selesai makan, keluar rumah, naik kendaraan, mulai jalan, naik tangga dan lift, masuk tempat kerja, masuk pasar, kembali ke rumah, mau berhubungan suami isteri, ketemu teman, dll. Semua ini ada doa dan tata caranya yang telah diajarkan oleh Rasulullah ﷺ.

3. Jika semua aktifitas kita selalu mengikuti cara Rasulullah ﷺ, Insya Allah, hidup ini akan selalu mendapat keberkahan, pahala, kemudahan, kelancara, ketenangan dan kebahagiaan dan mengantarkan kita ke Surga Allah ﷻ.

Semoga, mulai sekarang, tidak ada lagi hari yang terlewatkan tanpa mengisinya dengan doa dan Sunnah Rasul.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here