Mumpung Masih Ada Kesempatan

101

Oleh: A. Hamid Husain (Alumni Pondok Modern Gontor, King Abdul Aziz University, dan Ummul Qura University)

Tidak ada manusia yang sempurna, yang tak punya salah dan dosa. Namun hamba yang terbaik adalah menyadari kekeliruan dan memohon ampun, bertaubat dan tidak nakal lagi.

Kenakalan kita, akan menguras kebaikan kita untuk orang yang kita sakiti, yang kita zhalimi. Jika kita tidak punya kebaikan, maka kenakalan kita akan menguras dosa-dosa orang yang kita sakiti, dilimpahkan kepada kita.

Jika telah terlanjur berbuat dosa pada Allah, sungguh Allah Maha Pengampun, dan mudah sekali Allah memaafkan selama kita banyak bertaubat dan tak mengulang ulang lagi.

BACA JUGA: Menjadi Shalih, Bukan Thalih

Yang sulit adalah, nakal pada sesama manusia. Allah TIDAK akan MENGAMPUNI, selama orang yang pernah kita sakiti, zhalimi, memaafkan kita.

Rasulullah ﷺ mengingatkan:

من كانت له مظلمة لأخيه من عرضه أو شيء فليتحلله منه اليوم قبل أن لا يكون دينار ولا درهم إن كان له عمل صالح أخذ منه بقدر مظلمته وإن لم تكن له حسنات أخذ من سيئات صاحبه فحمل عليه

“Siapa yang pernah merugikan, menzhalimi atau menyakiti orang lain dalam hal apapun, maka hari ini, ia harus meminta pada orang yang pernah dirugikan, dizhalimi, disakiti, minta dimaafkan, agar dihalalkan sebelum datang Hari dimana tidak ada lagi Dinar dan Dirham. Jika orang yang menyakiti memiliki amal shalih, amal shalihnya itu akan dikurangi untuk melunasi kezhalimannya. Jika ia tidak memiliki amal shalih, maka dosa-dosa dari orang yang ia zhalimi akan dilimpahkan kepadanya,” (Hadits Sahih Riwayat Al-Imam Al-Bukhari no.2449).

BACA JUGA: Mati Mendadak

POINTERS:

1. Mumpung masih ada kesempatan, mari kita tingkatkan ibadah dan amal shalih kita: sedekah, baca Al-Quran, dan shalat berjamaah kita.

2. Mumpung masih ada kesempatan, mari kita perbanyak istighfar, bertaubat, menjauhi kezhaliman, dan kita selesaikan dengan orang orang yang pernah kita rugikan, agar kelak TIDAK Menghalagi perjalanan kita di Akhirat.

3. Salah satu ibadah yang terbaik, adalah AKTIF ikut MEMAKMURKAN masjid, ikut peduli, mengurus dan membangun masjid, rumah Allah, yang Allah TITIPKAN untuk kita urus dan isi.

Yaa Allah, anugerahilah kami kemudahan untuk selalu menjaga silatur rahim, berbuat baik pada sesama, dan ringan tangan membantu dan memakmurkan masjid-Mu yaa Allah. Jauhkan kami yaa Allah dari semua yang Engkau haramkan. Aamiin Yaa Allah.

Wallahu a’lam bish shawab.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here