Subhanallah… 7 Amalan Ini Setara Pahalanya dengan Ibadah Haji dan Umrah

976

Kelima, berbakti pada orang tua (birrul walidain). Dari Anas bin Malik radhiyallahu ‘anhu, ia berkata;

إِنِّي أَشْتَهِي الْجِهَادَ وَلا أَقْدِرُ عَلَيْهِ ، قَالَ : هَلْ بَقِيَ مِنْ وَالِدَيْكَ أَحَدٌ ؟ قَالَ : أُمِّي ، قَالَ : فَأَبْلِ اللَّهَ فِي بِرِّهَا ، فَإِذَا فَعَلْتَ ذَلِكَ فَأَنْتَ حَاجٌّ ، وَمُعْتَمِرٌ ، وَمُجَاهِدٌ ، فَإِذَا رَضِيَتْ عَنْكَ أُمُّكَ فَاتَّقِ اللَّهَ وَبِرَّهَا

Artinya: “Ada seseorang yang mendatangi Rasululah shallallahu ‘alaihi wa sallam dan ia sangat ingin pergi berjihad namun tidak mampu. Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bertanya padanya apakah salah satu dari kedua orang tuanya masih hidup. Ia jawab, ibunya masih hidup.

Rasul pun berkata padanya, “Bertakwalah pada Allah dengan berbuat baik pada ibumu. Jika engkau berbuat baik padanya, maka statusnya adalah seperti berhaji, berumrah dan berjihad.” (HR. Ath-Thabrani dalam Al-Mu’jam Al-Ausath 5/234/4463 dan Al-Baihaqi dalam Syu’ab Al-Iman 6/179/7835).

Lalu bagaimana kalau orang tua sudah meninggal dunia? Ada enam hal yang bisa disimpulkan dari berbagai dalil seperti mendo’akan kedua orang tua, banyak meminta ampunan pada Allah untuk kedua orang tua, memenuhi janji mereka setelah meninggal dunia, menjalin hubungan silaturahim dengan keluarga dekat keduanya yang tidak pernah terjalin, memuliakan teman dekat keduanya, bersedekah atas nama orang tua yang telah tiada.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here