STAIN Sorong Bakal Buka Prodi Haji dan Umrah

133
STAIN Sorong (Foto: Ditjen PHU)

Sorong, Muslim Obsession – Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Sorong Papua Barat berencana akan mengembangkan Program Studi (Prodi) Manajemen Haji dan Umrah.

Hal ini diungkapkan Ketua STAIN Sorong Dr. Hamzah saat menerima kunjungan Dirjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU) Nizar di Aula Kampus STAIN Sorong, Senin (17/2/2020).

STAIN Sorong berencana mengembangkan Prodi Manajemen Haji dan Umrah karena prospek prodi ini sangat menjanjikan ke depannya. Saat ini STAIN Sorong mempunyai 7 Program Studi.

“Kita ingin membuka Prodi Haji dan Umrah, maka dari itu kita ingin mendapatkan arahan langsung dari Dirjen Haji karena prospeknya menjanjikan,” kata Hamzah.

Sementara itu, Dirjen PHU Nizar menjelaskan, apabila ingin membuka prodi manajemen haji dan umrah tersebut, pilihannya ada dua menempel pada Fakultas Manajemen Dakwah atau menempel pada Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI).

“Nanti prodinya bisa menempel pada Fakultas Manajemen Dakwah atau menempel pada Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI),” tutur Nizar, dikutip dari siaran pers Ditjen PHU.

Untuk Prodi yang menempel di Fakultas Manajemen Dakwah prospeknya bisa menjadi pembimbing haji atau menjadi petugas dari Tim Pembimbing Ibadah Haji Indonesia (TPIHI).

Sedangkan untuk prodi yang menempel pada Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam kata Nizar, prospeknya akan menjadi enterpreuner (pengusaha dibidang haji dan umrah).

“Untuk lulusan FEBI nantinya akan menjadi enterpreneur haji dan umrah, entah itu pemilik travel haji dan umrah, pengusaha katering haji, pengusaha akomodasi haji (hotel hospitality), tiketing maupun pengusaha transportasi perhajian,” jelasnya.

Prospek haji dan umrah ini lanjut Nizar, setiap tahun meningkat signifikan karena sudah menjadi Visi Arab Saudi Tahun 2030. Dengan target mendatangkan 5juta jamaah haji dan 30 juta jamaah umrah.

“Saat ini prospek haji dan umrah setiap tahun meningkat untuk mencapai target Visi Arab Arab Saudi Tahun 2030. Dengan target mendatangkan 5 juta jamaah haji dan 30 juta jamaah umrah,” ujarnya

Selain mengembangkan prodi haji dan umrah, STAIN Sorong juga menyatakan siap untuk kerja sama dalam program sertifikasi pembimbing ibadah haji profesional.

Turut hadir dalam pertemuan itu, Kepala Kanwil Kemenag Papua Barat Sudirman Simanihuruk, serta Kasubdit Asrama Haji Kemenag Haryanto.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here