Shalat Ghaib untuk Jamal Khashoggi Digelar di Masjidil Haram dan Masjid Nabawi

509

Makkah, Muslim Obsession – Shalat ghaib untuk jurnalis Jamal Khashoggi digelar di Masjidil Haram Makkah dan Masjid Nabawi Madinah. Jamal terbunuh di gedung Konsulat Saudi di Istanbul pada 2 Oktober lalu.

Hingga hari ini jenazah Jamal tidak diketahui keberadaannya. Dalam Islam, shalat ghaib diselenggarakan manakala jenazah seseorang tidak ada atau tidak ditemukan.

Di Masjid Nabawi, shalat ghaib untuk Jamal Khashoggi diadakan pada waktu subuh. Salah Khashoggi, anak dari Jamal Khashoggi, hadir dalam shalat di Masjid Nabawi tersebut.

Sementara, di Masjidil Haram shalat ghaib untuk Jamal diselenggarakan setelah Shalat Jumat. Tidak hanya itu, shalat ghaib juga digelar di Masjid Fatih Istanbul Turki, kota dimana Jamal Khashoggi dihabisi.

Rencananya, Masjid Finsbury Park London juga berkeinginan untuk menyelenggarakan shalat ghaib untuk kolumnis The Washington Post itu pada Jumat depan. CEO Asosiasi Muslim Inggris, Anas Altikriti, berharap rencana tersebut akan mendapatkan respon baik dari Muslim di Inggris.

“Setelah mendengarkan seruan dari Hatice Cengiz, tunangan Jamal Khashoggi, agar Muslim di seluruh dunia melaksanakan shalat ghaib, kami percaya bahwa hal yang benar untuk dilakukan adalah meresponsnya,” kata Altikriti, sebagaimana dilaporkan Aljazeera, Jumat (16/11/2018).

Sebelumnya, Hatice Cengiz menyerukan kepada umat Islam di seluruh dunia untuk melaksanakan shalat ghaib bagi arwah tunangannya, Jamal Khashoggi.

“Saya menyerukan kepada umat Islam di seluruh dunia untuk melakukan shalat Janazah, shalat ghaib, untuk Jamal Khashoggi di semua masjid, terutama Masjid Nabi di Madinah, usai shalat Jumat mendatang, 16 November,” tulis Hatice di akun Twitternya, Sabtu (10/11).

Jamal Khashoggi merupakan jurnalis yang banyak mengkritisi kebijakan Saudi, terutama dalam hal kebebasan berpendapat, hak asasi manusia di Saudi, dan keterlibatan Saudi pada Perang Yaman.

Ia terbunuh saat berkunjung ke Konsulat Saudi di Istanbul untuk mengurusi untuk mengurus dokumen pernikahannya dengan Hatice, tunangannya asal Turki.

Laporan terakhir menyebutkan, Jamal Khashoggi dibunuh oleh tim khusus Saudi yang beranggotakan 15 orang. (Vina – Sumber: NU Online)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here