Setop Semua Kegiatan Saat Adzan, Allah Setop Kesulitanmu

281

Oleh: A. Hamid Husain (Alumni Pondok Modern Gontor, King Abdul Aziz University, dan Ummul Qura University

Jangan pernah abaikan Adzan. Adzan adalah panggilan Allah untuk mendapatkan KEBERUNTUNGAN. Jika diabaikan, dianggap angin lalu, maka Allah juga akan abai pada kita.

Kata Adzan berasal dari “UDZUN” (اذن) yang artinya adalah TELINGA. Orang yang mengabaikan ADZAN, dinilai tidak punya telinga alias TULI.

MAKA, saat adzan berkumandang, hentikan sejenak semua kegiatan hingga adzan selesai. Simak baik-baik, hayati artinya dan jawab setiap kalimat yang dikumandangkan oleh Muadzin.

BACA JUGA: Hati-Hati dengan Makanan Tersisa

Menyimak, menghayati dan menjawab kalimat demi kalimat adzan adalah suatu ibadah yang pahalanya luar biasa besarnya. Apa lagi diiringi dengan DOA SETELAH ADZAN, Allah Ta’ala akan memberikan keistimewaan khusus.

Kenapa menjawab adzan menjadi Ibadah yang istimewa luar biasa?

Karena, menjawab, menghayati dan menyimak adzan, adalah penegasan iman, pengakuan akan keyakinan yang tinggi terhadap keesaan dan kebesaran Allah SWT.

Coba perhatikan kalimat pertama yang mengimbau kita:

BACA JUGA: Kita yang Berusaha, Allah yang Memperlancar

“Allaahu Akbar, Allaahu Akbar (Allah Maha Besar, Allah Maha Besar)”. Kita pun mempertegas kalimat itu dengan menyahut: “Allaahu Akbar, Allaahu Akbar, (Sungguh Allah Maha Besar, Allah Maha Besar)”.

Kalimat kedua: “Asyhadu an-laa ilaaha illallaah, Asyhadu an-laa ilaaha illallaah (Aku bersaksi bahwa tidak ada Tuhan selain Allah, aku bersaksi bahwa tidak ada Tuhan selain Allah)”.

Dan seterusnya.

Sungguh pengakuan yang mendasar sebagai orang yang beriman.

SELANJUTNYA

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here