Setelah 40 Tahun, Wanita Iran Boleh Nonton Bola di Stadion

343
Wanita Iran menonton sepakbola (Foto: Pandit Football)

Teheran, Muslim Obsession – Ribuan wanita penggemar sepak bola di Iran akan menonton pertandingan di stadion dengan bebas pada Kamis (10/10/2019) untuk pertama kalinya dalam beberapa dekade.

Diketahui, Iran telah melarang wanita untuk menonton pertandingan sepak bola di stadion selama sekitar 40 tahun, dengan alasan ulama berpendapat bahwa mereka harus dilindungi dari atmosfer maskulin dan pandangan pria yang tidak seluruhnya menutup aurat.

Bulan lalu, badan sepak bola dunia FIFA memerintahkan Iran untuk mengizinkan wanita mengakses stadion tanpa batasan.

Arahan itu muncul setelah seorang penggemar yang dijuluki “Gadis Biru” meninggal setelah membakar dirinya sendiri karena takut dipenjara, usai berpakaian seperti anak laki-laki demi menonton pertandingan.

Setelah perizinan itu, ribuan wanita dengan cepat memburu tiket untuk menghadiri kualifikasi Piala Dunia Iran 2022 melawan Kamboja di Stadion Azadi Teheran, Kamis (10/10/2019).

“Batch pertama terjual habis dalam waktu kurang dari satu jam, dan kursi tambahan juga ludes dalam waktu singkat,” kata media pemerintah seperti dilansir Arab News, Kamis (10/10/2019).

Kementerian Olahraga mengatakan stadion berkapasitas 100.000 – yang namanya berarti “Kebebasan” di Persia – siap menampung lebih banyak penonton wanita.

Salah satu dari 3.500 wanita yang mendapatkan tiket adalah Raha Poorbakhsh, seorang jurnalis sepak bola.

“Saya masih tidak percaya ini akan terjadi karena setelah bertahun-tahun bekerja di bidang ini, menonton semua yang ada di televisi, sekarang saya bisa mengalami semuanya secara langsung,” katanya kepada AFP.

Tapi Poorbakhsh menyayangkan banyak wanita lain tidak dapat memiliki tiket.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here