Sering Gatal di Telapak Tangan, Waspadai Penyakit Serius Ini

3713

Cara Mengatasi Keluhan Telapak Tangan Gatal

Cara tepat dalam mengatasi masalah gatal pada telapak tangan, langkah penanganan pertama jika telapak tangan gatal, yang disebabkan oleh alergi bisa diatasi dengan obat-obatan antialergi, seperti antihistamin.

Sementara, gatal yang disebabkan eksim dapat diobati dengan krim atau salep kortikosteroid. Jika gatal pada tangan sudah menimbulkan luka dan infeksi, maka kondisi ini perlu diobati dengan antibiotik salep. Obat-obatan tersebut bisa diperoleh dari resep dokter.

Selain dengan obat-obatan dari dokter, ada beberapa cara untuk mengatasi keluhan gatal di telapak tangan yang bisa dilakukan di rumah, antara lain:

. Gunakan krim, salep, atau bedak anti gatal.

. Sebisa mungkin, hindari untuk menggaruk tangan karena dapat menyebabkan luka dan infeksi.

. Oleskan losion untuk melembapkan kulit dan mencegah kulit kering.

. Mandi dengan air hangat dan gunakan sabun mandi yang berbahan kimia ringan. Hindari mandi terlalu lama, batasi waktu mandi hingga 5 menit.

. Hindari penggunaan kain atau bahan tertentu, seperti wol dan kain sintetis, yang dapat memicu rasa gatal.

. Berikan kompres dingin pada tangan menggunakan handuk yang dibungkus es untuk meredakan rasa gatal.

Sebaiknya Anda juga melakukan konsultasi dengan dokter jika kondisi telapak tangan gatal berlangsung lebih dari dua minggu dan rasa gatal semakin parah atau tidak membaik setelah dilakukan cara penanganan di atas. Semoga tips ini bisa bermanfaat bagi Anda. (Way)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here