Seperti Pajak Gereja, Jerman Akan Terapkan ‘Pajak Masjid’ untuk Umat Muslim

585
Masjid Jerman

Jerman, Muslim Obsession – Para politisi koalisi pemerintah wacanakan pajak masjid. Pajaknya terinspirasi sistem pajak gereja, dan digagas untuk membuat masjid di Jerman lebih independen, bebas dari pengaruh ideologis donatur asing.

Anggota parlemen dari partai koalisi pemerintahan saat ini, mempertimbangkan penerapan pajak masjid untuk kaum Muslim di Jerman.

Diskusi “pajak masjid” untuk umat Muslim Jerman dimulai Rabu (26/12/2018) lalu dengan mengambil landasan serupa dengan pajak gereja yang wajib dibayar kaum kristiani di Jerman.

Targetnya ialah membuat lembaga masjid di Jerman lebih independen dari kucuran dana asing.

Gagasan ini juga didukung pemimpin Islam moderat di Jerman. Juga partai mitra koalisi saat ini, partai Sosial Demokrat SPD mendukung wacana pajak masjid, untuk membantu kaum Muslim di Jerman agar lebih independen.

Seyran Ates pengacara serta pendiri Masjid Liberal Ibn Ruschd-Goethe di Berlin mendukung ide ‘pajak masjid‘ ini.

Menurutnya banyak kaum Muslim yang tidak senang saat Islam kerap kali dikaitkan dengan kekerasan dan terorisme. Gambaran ini menurutnya dapat diganti dengan membuat ‘gaya integrasi baru’ Islam di Jerman. Dengan itu kaum Muslim Jerman juga bisa lebih mandiri.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here