Sepakat dengan Pangkostrad, Menag: Jangan Berlebihan Terhadap Agama

60
Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas. (Foto: kemenag)

Jakarta, Muslim Obsession – Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas sepakat dengan pernyataan Panglima Komando Cadangan Strategis Angkatan Darat (Pangkostrad) Letjen TNI Dudung Abdurachman yang meminta prajuritnya agar tidak berlebihan dalam beragama.

“Semua yang berlebihan kan tidak baik,” kata Yaqut, Selasa (14/9/2021).

Sikap fanatik yang berlebihan menurut Yaqut memang tidak baik, demikian juga fanatik yang berlebihan terhadap agama. Jika tidak bisa terkontrol fanatisme terkadang bisa membuat seseorang hilang akal.

“Fanatik itu seharusnya untuk diri sendiri dan lemah lembut kepada orang lain, bahkan kepada yang berbeda keyakinan. Jangan dibalik, fanatik apalagi yang berlebihan diberlakukan untuk orang lain, sementara untuk diri sendiri malah lunak,” tutur Yaqut.

Yaqut juga sepakat dengan pernyataan Letjen Dudung bahwa semua agama benar. Yaqut menjelaskan semua agama benar menurut pemeluk masing-masing. Ini bukan relativisme agama, melainkan toleransi.

“Ini yang sering disalahpahami sebagai relativisme. Toleransi adalah tidak menolak apa yang tidak sama dengan yang dia yakini. Relativisme itu tidak bisa menoleransi apakah pilihan seseorang itu benar atau salah. Toleransi dan relativisme berbeda,” kata Yaqut. (Albar)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here