Selama Ramadhan Tidak Ada Sahur dan Buka Bersama di Istiqlal

97
Untuk menghubungkan Masjid Istiqlal dan Gereja Katedral, pemerintah membangun Terowongan Silaturahmi.

Jakarta, Muslim Obsession – Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menyatakan Masjid Istiqlal akan mengadakan shalat Tarawih selama Ramadhan dengan kapasitas jamaah yang terbatas. Adapun acara buka puasa dan sahur ditiadakan.

“Adapun tadi seperti nanti di bulan suci Ramadan ini nanti ada aktivitas ifthar (buka puasa), ada aktivitas sahur, kami menganjurkan untuk tidak dilakukan di masjid,” ujar Anies di masjid Istiqlal, Jumat (9/4/2021).

Anies menyebut jika buka puasa dan sahur dilakukan di masjid Istiqlal, maka para jamaah yang hadir berisiko terpapar Covid-19. Sebab mereka harus membuka masker dalam waktu yang lama serta berinteraksi.

“Begitu ada kegiatan ifthar begitu ada kegiatan sahur maka harus buka masker karena itulah penggunaan tempat ibadah masjid utk aktivitas Ibadah bisa menjalankan dengan mentaati protokol kesehatan menghindari kerumunan,” jelasnya.

Menurutnya ibadah apalagi di bulan Ramadan harus dilakukan secara khusyuk. Namun ia mengingatkan agar protokol kesehatan terus dijalankan.

“Bahwa prinsip utamanya adalah menjaga jarak memakai masker dan beribadah di masjid secara proporsional artinya kegiatannya kegiatan khusus kegiatan ibadah saja,” pungkasnya. (Albar)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here