Sapa Netizen, Presiden Jokowi Ingatkan Soal Pancasila

82
Presiden Jokowi berbincang dengan Wapres KH. Ma'ruf Amin dan Ketua Dewan Pengarah Badan Pembinaan Ideologi Pancasila ( BPIP) Megawati Soekarnoputri di sela-sela gelaran Presidential Lecture Internalisasi dan Pembumian Pancasila di Istana Negara, Jakarta, Selasa, 3 Desember 2019. (Foto: IG Jokowi)

Jakarta, Muslim Obsession – Presiden Joko Widodo cukup aktif memberikan informasi kepada netizen melalui media sosial. Pagi ini, Rabu (4/12/2019), Jokowi menyapa netizen sambil mengingatkan pentingnya nilai-nilai Pancasila.

“Selamat pagi. Pancasila adalah ideologi negara kita yang telah bertahan di tengah deru ombak ideologi-ideologi lain yang berusaha menggesernya,” tulis Jokowi di akun pribadi Instagram yang disertai foto dirinya bersama Wakil Presiden KH. Ma’ruf Amin dan Ketua Dewan Pengarah Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) Megawati Soekarnoputri.

Menurutnya, saat ini yang penting adalah menanamkan nilai-nilai Pancasila itu terutama kepada anak-anak muda yang jumlahnya 48 persen atau 129 juta dari seluruh penduduk Indonesia. Jika tidak mengerti ideologi, tidak paham Pancasila, negara besar ini yang menjadi taruhannya.

“Karena itulah, pada presidential lecture di Jakarta kemarin saya mendorong BPIP memanfaatkan segenap medium komunikasi kesukaan anak-anak muda untuk internalisasi dan pembumian Pancasila. Manfaatkan aplikasi WhatsApp, Telegram, Line, hingga Kakao Talk. Gunakan layanan video YouTube, Netflix, hingga Iflix. Isi media sosial Instagram, Facebook, Twitter, hingga Snapchat,” sambungnya.

Jokowi menambahkan, bangsa Indonesia harus meramaikan narasi-narasi besar tentang Pancasila agar tidak disalip oleh ideologi lain yang juga masuk melalui medium komunikasi tersebut. Di sisi lain juga menghadirkan Pancasila melalui tiga hal yang paling disukai anak-anak muda yaitu olahraga, musik, dan film.

“Tidak masalah kita nebeng Didi Kempot, titip sama sad boy dan sad girl, jadi bagian dari “sahabat ambyar”, atau menumpang satu lirik di “Pamer Bojo”. Tidak apa-apa, demi nilai-nilai Pancasila yang menjangkau generasi muda seluas mungkin,” tutupnya. (Fath)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here