Saat Ini 5.000 Pelajar Indonesia Belajar di Al-Azhar Kairo

1251
Rektor Al-Azhar Mesir
Rektor Universitas Al-Azhar Mesir, Mohamed Husein Al-Mahrasawi saat memberi sambutan pada Silaturahmi Akbar Ulama Alumni Al-Azhar Indonesia di Solo, Selasa (1/5/2018). (Foto: Kemnag)

Solo, Muslim Obsession – Sebagai salah satu pusat pendidikan Islam dunia, Universitas Al-Azhar Mesir selalu menarik minat para pelajar dari berbagai negara. Saat ini, tak kurang dari 180 negara mengirimkan pelajarnya ke Al-Azhar.

Demikian diungkapkan Rektor Universitas Al-Azhar Mesir, Mohamed Husein Al-Mahrasawi saat memberi sambutan pada Silaturahmi Akbar Ulama Alumni Al-Azhar Indonesia bersama Grand Syaikh Al-Azhar Ahmed Mohamed Ahmed El-Thayeb, di Solo, Selasa (1/5/2018).

“Dari 180 negara tersebut, lebih dari 33 ribu mahasiswa belajar di S-1, baik belajar ilmu secara teori maupun praktik. Lima ribu mahasiswa S-1 di antaranya berasal dari Indonesia,” ungkap Al-Mahrasawi.

Pada pertemuan yang diselenggarakan Organisasi Internasional Alumni al-Azhar (OIAA) cabang Indonesia ini Al-Mahrasawi mengatakan, dunia mengakui eksistensi al-Azhar sebagai lembaga pendidikan Islam terkemuka di dunia yang beraliran moderat.

Oleh karenanya, Al-Mahrasawi berharap agar para alumni al-Azhar mampu menjadi duta al-Azhar di negaranya masing-masing untuk menyebarkan Islam aliran moderat untuk kehidupan yang lebih baik, aman, dan damai.

“Islam bukanlah teroris dan suka kekerasan seperti yang dituduhkan sebagian masyarakat dunia. Islam datang dengan membawa perdamaian dan kasih sayang. Untuk itu, menjadi tanggung jawab bagi seluruh alumni al-Azhar untuk menyebarkan Islam Madzab al-Azhar yang moderat, ke dalam kehidupan masyarakat di sekitarnya. Masuklah ke dalam masyarakat, meleburlah, ajaklah saudara kita untuk belajar Islam yang toleran, damai, dan moderat,” imbuh Al-Mahrasawi seperti dikutip Kemenag.

OIAA Cabang Indonesia diketuai oleh Tuan Guru Bajang (TGB) Muhammad Zainul Majdi yang juga Gubernur NTB. Sedang mantan Menag KH Quraish Shihab sebagai Ketua Dewan Kehormatannya.

Dalam Silaturahmi Akbar tersebut, selain dihadiri ribuan alumni al-Azhar, hadir pula Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin, Duta Besar Mesir untuk Indonesia, para pimpinan ormas dan pengasuh pondok pesantren. (Fath)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here