Ribuan Muslim Amerika Desak Nike Tarik Sepatu Beralaskan ‘Allah’

577
Nike Air Max (Foto: About Islam)

Washington, Muslim Obsession – Ribuan Muslim Amerika mendesak Nike untuk menarik kembali sepatu olahraga terbaru merek Air Max. Karena, logo pada alas sepatu tersebut dianggap menyerupai kata ‘Allah’ dalam bahasa Arab.

“Nike telah memproduksi sepatu Nike Air Max 270 dengan logo skrip yang menyerupai kata Allah dalam bahasa Arab, yang pasti (namanya sepatu) akan diinjak-injak, ditendang, dan menjadi kotor dengan lumpur atau bahkan terkena najis,” komentar seorang pembeli Muslim Saiqa Noreen, seperti dilansir About Islam, Rabu (30/1/2019).

“Hal ini sangat keterlaluan, tidak sopan dan sangat menyinggung umat Muslim,” imbuh Noreen.

Hingga saat ini, petisi desakan terhadap Nike telah ditandatangani oleh 8994 dari 10.000 orang yang ditargetkan. Noreen mengingat kejadian serupa ketika Nike menarik kembali produknya pada tahun 1997 karena masalah yang sama.

“Nike mengklaim telah memperketat pengawasan pada desain logo. Tapi mengapa desain serupa malah disetujui? Untuk itu, kami mendesak Nike menarik seluruh produknya yang memiliki logo menyerupai kata Allah dari semua penjualan di seluruh dunia dengan segera,” bunyi petisi tersebut.

Namun, perusahaan Nike membantah semua tuduhan itu. Menurut mereka, logo itu adalah representasi gaya merek dagang Nike Air Max tanpa makna agama apapun.

“Nike menghormati semua agama dan kami memperhatikan hal ini dengan serius,” kata seorang perwakilan Nike.

“Logo Air Max dirancang untuk menjadi representasi gaya merek dagang Nike Air Max. Ini hanya untuk mencerminkan merek Air Max saja. Makna atau representasi yang (mungkin) dipersepsikan berbeda, itu tidak kami sengaja,” tegasnya. (Vina)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here