Replika Al-Quran Usia 1.350 Tahun Dipamerkan di Inggris

559
Replika Alquran
Replika Al-Quran yang diperkirakan berusia lebih dari 1.350 tahun ditampilkan di pameran di University of Birmingham, Inggris.

MuslimObsession.com – Para pengunjung Sharjah International Book Fair (SIBF) mendapat kesempatan langka. Replika Al-Quran yang diperkirakan berusia lebih dari 1.350 tahun turut ditampilkan di pameran yang digelar di University of Birmingham Inggris tersebut.

Muslim Village melansir, Al-Quran merupakan salinan asli dengan tarikh 468-645 Masehi. Naskah setebal empat halaman itu dimiliki Universitas Birmingham sejak 1930-an. Seorang profesor melihat naskah tersebut unik dan berbeda dari naskah-naskah kuno yang telah ada.

Al-Quran tersebut tidak ditulis di atas kertas, melainkan kulit binatang. Tak mengherankan apabila naskah tersebut bisa bertahan hingga ribuan tahun.

Hal yang semakin menarik adalah empat halaman yang disimpan Universitas Birmingham sesuai dengan empat halaman yang hilang dari naskah Al-Quran langka yang diarsipkan di Paris. Hanya saja belum ada upaya untuk memverifikasi apakah halaman yang hilang dan halaman yang ada adalah satu dan sama.

Di Hall 5 tempat pameran tersebut, terdapat touchscreens interaktif yang memungkinkan pengunjung dapat secara interaktif menjelajahi latar belakang, rincian, dan fakta mengenai naskah tersebut.

Skrip Al-Quran Universitas Birmingham akan dipamerkan selama 11 hari dan berakhir pada 11 November. Pameran buku ini merupakan yang terbesar ketiga di dunia, dimana terdapat 1.650 penerbit dari 60 negara serta lebih dari 1,5 juta judul buku. (Fath)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here