Rektor UIN Jakarta Luncurkan Buku Autobiografi

409

Jakarta, Muslim Obsession – Rektor Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah Jakarta Amany Lubis, meluncurkan buku Autobiografi Amany Lubis: Namaku Harapan, di Gedung Auditorium Harun Nasution, Jakarta, Jumat (20/12/2019).

Acara bedah buku tersebut menghadirkan Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa yang tampil sebagai keynote speaker. Peluncuran ini juga menghadirkan sejumlah narasumber sebagai pembedah buku, di antaranya mantan Menteri Agama Lukman Hakim Saifudin, Guru Besar UIN Jakarta bidang Filologi Prof. Dr. Nabilah Lubis, dan Guru Besar UIN Jakarta bidang sejarah Islam, Prof. Azyumardi Azra.

Bertepatan dengan hari Ibu, Amany mengaku buku ini ia pesembahkan untuk ibunda tercinta Nabilah Lubis dan UIN Jakarta.

“Di awal buku ini saya menuliskan bahwa ibu saya adalah satu-satunya mata hatiku sekarang. Beliau sudah berjuang besar kepada saya hingga hari ini. Pada tahun ini juga saya terpilih jadi rektor. Dan ini merupakan rektor permpuan pertama di UIN Jakarta,” kata Amany Lubis saat memberikan sambutan tentang bukunya.

Ia juga berharap, melalui buku ini bisa memberikan sumbangsih kepada dunia pendidikan, khususnya kepada perempuan-perempuan Indonesia.

“Maujulan ibu-ibu Indonesia. Majulah perempuan Iindonesia. Jayalah Indonesia,” ujarnya.

Wakil menteri Agama Zainut Tauhid yang didapuk sebagai keynote speaker mengapresiasi atas lahirnya buku rektor UIN Jakarta ini.

“Saya mengapresiasi buku ini. Selamat dan sukses dengan acara ini. Semoga memberikan motivasi kepada para perempuan lain,” terangnya.

Azyumardi Azra mengatakan bahwa buku ini sebenarnya biografi pendidikan Islam. Karena di dalamnya banyak hal yang dibicarakan seperti mobilitas intelektual, sosial mobilty serta mengandung banyak aspek intelektual.

Azra juga mengatakan buku ini sangat penting sebagai pendidikan Islam. Dan juga sangat penting pada hari perempuan ini.

“Karya ini mencerminkan sejarah ulama perempuan di Indonesia. Saya kira tidak ada yang meragukan dalam kapasitas pendidikan pada Amany,” tutup Azra. (Way)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here