Ratu Arwa, Masjid yang Semakin Tua Semakin Cantik

55
Masjid Ratu Arwa (Foto: Atlas Obscura)

Muslim Obsession – Masjid Queen Arwa atau Masjid Ratu Arwa adalah salah satu masjid tertua dan terindah di Yaman. Kenapa diberi nama demikian? Begini, lho sejarahnya!

Awalnya, bangunan yang didirikan pada tahun 1056 ini tidak dimaksudkan untuk menjadi masjid, melainkan sebuah istana. Namun, Ratu Arwa atau Queen Arwa lah yang kemudian mengubahnya.

Bagaimanakah sosok Ratu Arwa?

Dilansir situs Atlas Obscura, Ratu Arwa adalah sosok yang sangat menarik dalam sejarah Yaman. Lahir pada 1048 di Haraz, dia adalah keponakan penguasa Yaman. Dia kehilangan kedua orangtuanya pada usia muda dan dibesarkan di sisi kerajaan keluarganya di Sana’a.

Disebutkan, Ratu Arwa ini memiliki paras cantik jelita, terdidik, dan sangat cerdas, Arwa pada usia 17 tahun menikahi sepupunya Ahmad Al-Mukarram bin Ali, sehingga memperoleh gelar Sayyada Arwa.

Sesuai dengan aturan warisan Yaman, suami Arwa menjadi penguasa Yaman.

Tetapi, karena tidak dapat memerintah karena kesehatannya yang buruk, ia menyerahkan semua kekuasaan dan wewenangnya kepada Arwa, yang memerintah negara dengan ibunya -sukum- sampai dia meninggal pada 1087.

Dengan memegang posisi otoritas, Arwa tidak menghindar dari tugasnya, yang berarti bahwa dia harus sering bergaul dengan semua orang.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here