Rahasia di Balik Tidurnya Gus Dur Saat Rapat

534
KH Abdurrahman Wahid (Gus Dur)

Jakarta, Muslim Obsession Nyeleneh dan kontroversial, dua kata yang mungkin pas untuk menggambarkan sisi lain sosok Abdurrahman Wahid atau yang lebih dikenal Gus Dur. Presiden Republik Indonesia keempat ini nyatanya memang terkenal dengan gagasan maupun tindakannya yang membuat orang geleng-geleng kepala.

Hal ini turut diamini oleh KH. Mustofa Bisri atau Gus Mus dalam sebuah pernyataan dia mengatakan:

Menurut saya, Gus Dur itu diutus Tuhan, untuk mengajarkan Indonesia agar pandai berbeda dengan yang lain. Karena itu, Gus Dur sangat kontroversial, setiap sikap dan ucapannya menimbulkan kontoroversi. Dengan begitu, orang Indonesia akan belajar bagaimana berbeda dengan orang lain. Itu sebetulnya hakikat kehadiran Gus Dur di Indonesia. Kemudian, kita akan menjadi Negara yang betul-betul demokratis, karena saling menghargai pendapat orang lain. Kita Negara yang sangat plural, sangat majemuk.

Kita mempunyai slogan Bhinneka Tunggal Ika, dan itu akhir-akhir ini seperti sedang mendapatkan tantangan orang-orang yang tidak bisa berbeda dengan saudara-saudaranya. Gus Dur sangat berperan, sangat berjasa dan banyak. Mungkin nanti, pengikut-pengikutnya yang bertanggung jawab untuk meneruskan perjuangannya.

Di antara perilakunya yang paling berbeda ialah dirinya kerapkali tertidur saat rapat atau pertemuan. Tidur Gus Dur ini sering terjadi bukan hanya di forum biasa. Putra sulung KH Wahid Hasyim ini pernah terlelap di pertemuan internasional dengan pemimpin tertinggi Iran, sidang paripurna, rapat pleno di DPR, dan forum-forum besar lainnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here