Puluhan Ulama Dunia Akan Bahas Islam Wasatiyyah di Indonesia

525
Din-Syamsuddin
Din-Syamsuddin (Foto: dinsyamsuddin.com)

Jakarta, Muslim Obsession – Kantor Utusan Khusus Presiden RI untuk Dialog dan Kerja Sama Antaragama dan Peradaban (UKP-DKAAP) berencana menggelar High Level Consultation of World Muslim Scholars on Wasatiyyah Islam (HLC-WMS) di Bogor dan Jakarta pada 1-4 Mei 2018.

Pada gelaran tersebut, puluhan tokoh ulama dan cendekiawan dunia dari berbagai negara akan hadir dan melahirkan ‘Bogor Message’. Demikian dikemukakan UKP-DKAAP, Din Syamsuddin, dalam keterangan tertulisnya, Rabu (25/4/2018)

“Dokumen penting yang bisa menjadi acuan umat manusia dalam mengembangkan peradaban melalui prinsip jalan tengah,” kata Din.

Din mengatakan, HLC-WMS akan membahas mengenai Islam Wasatiyyah. Mulai dari tataran konsepsi, implementasinya dari masa ke masa sejak zaman Nabi Muhammad, dan pengalaman Indonesia mengimplementasikan Islam Wasatiyyah. Selain itu juga membahas tantangan dan peluang Islam Wasatiyyah dalam peradaban global.

Menurutnya, akan hadir sekitar 50 tokoh ulama dan cendekiawan Muslim Indonesia sebagai peserta HLC-WMS. Selain itu akan hadir pula 50 tokoh ulama dan cendekiawan dunia dari berbagai negara.

Kehadiran para ulama dan cendekiawan dunia dalam forum HLC-WMS juga dapat menjadi peluang mempromosikan konsep Islam Wasatiyyah yang berkembang di Indonesia.

“Optimis konsep Islam Wasatiyyah ala Indonesia dapat menjadi model di dunia untuk menyelesaikan permasalahan global,” ujarnya.

Tokoh ulama dan cendekiawan yang hadir di antaranya berasal dari Uni Emirat Arab, Kuwait, Lebanon, Suriah, Aljazair, Singapura, Filipina, India, Bangladesh, China, Australia, Perancis dan Kanada. Serta dari Amerika Serikat, Brunei Darussalam, Jepang, Thailand, Malaysia, Arab Saudi, Uzbekistan, Inggris dan Rusia. Kemudian dari Iran, Timor Leste, Sri Lanka, Palestina, Italia, Bosnia-Herzegovina dan Yordania. (Fath)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here