Pilpres Rusia 2018: Putin Menang Telak

624
Vladimir Putin saat berada di salah satu tempat pemungutan suara di Moscow (Photo: Nytimes)

Moskow, Muslim Obsession – Pemilihan Presiden (Pilpres) Rusia 2018 telah usai. Hasilnya, Vladimir Putin kembali mengantungi kemenangan yang berarti mengantarkan pada masa jabatan untuk keempat kalinya.

Pilpres tersebut digelar pada Ahad (18/3/2018) waktu setempat. Vladimir Putin menang telak di antara tujuh kandidat lainnya. Hasil tersebut memperpanjang kekuasaannya di Rusia enam tahun ke depan.

Kemenangan tersebut membuat Putin berkuasa hampir seperempat abad, yaitu sampai 2024, pada saat dia berusia 71 tahun. Dari sisi lamanya berkuasa, dia hanya kalah dari diktator Uni Soviet, Josef Stalin.

Sebagaimana dilansir New York Times, Senin (19/3/2018) Komisi Pemilu Pusat mengumumkan bahwa Putin telah memenangkan 75,9 persen suara, dari 70 persen suara yang sudah dihitung secara cepat. Putin dianggap telah menjadi orang paling berkuasa di Rusia sejak pertama kali menjadi presiden pada tahun 2000.

Putin berjanji memperkuat pertahanan Rusia melawan Barat, dan meningkatkan standar hidup rakyat. Dia juga menyebut, kemenangan itu merupakan wujud kepercayaan rakyat pada apa yang telah dilakukannya selama ini.

“Sangat penting untuk menjaga persatuan ini. Kita akan memikirkan masa depan Tanah Air kita yang besar ini,” kata Putin.

Sebelumnya, berdasarkan hasil hitung cepat, penantang terdekatnya, kandidat dari Partai Komunis, Pavel Grudinin mendapat sekitar 13 persen. Sementara itu, calon dari nasionalis, Vladimir Zhirinovsky, mendapat sekitar enam persen.

Disebutkan bahwa tidak satu pun dari tujuh kandidat yang bersaing melawan Putin memberikan ancaman. Pemimpin oposisi Alexei Navalny sebelumnya dilarang ikut dalam pilpres tersebut. (Vina)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here