Peringati Hari Revolusi, Iran Pamerkan Seni Islam

1079
Islamic Art Isfahan Iran

Iran, Muslim Obsession – Pameran seni Islam yang terdiri dari kaligrafi dan iluminasi oleh seniman Iran Hossain Ali Asfandyar dan putrinya Atena Asfandyar, akan dibuka untuk umum hingga 10 Februari 2018.

Dikutip Nation, Jumat (9/2/2018), pameran tersebut diadakan oleh Khana-e-Farhang Iran bekerja sama dengan Dewan Kesenian Rawalpindi.

Pameran seni Islam itu diadakan untuk memperingati 39 tahun Revolusi Islam Iran. Sejumlah pejabat penting ikut meresmikan pameran tersebut.

Seniman kondang, Hossain Ali Asfandyar dari Farozkoh Iran, juga turut berpartisipasi. Hossain telah mendalami kaligrafi sejak tahun 1977.

Ia telah berpartisipasi lebih dari 60 pameran kelompok dan mengadakan lebih dari 20 pameran individu di Teheran dan kota-kota lainnya.

Sedangkan Atena Asfandyar adalah seorang iluminator. Dia mulai belajar seni sejak tahun 2012.

Anggota Majelis Nasional Pakistan Tahira Aurangzeb, juga hadir dan memberikan sambutan pada upacara peresmian pameran tersebut.

“Pakistan dan Iran sudah menjalin hubungan diplomatik yang baik dan patut dicontoh. Kita bekerja sama satu lain,” tuturnya.

Para pejabat penting lainnya juga menilai, kedua negara tersebut harus lebih banyak bekerja sama mempromosikan seni dan budaya.

Bagi Iran, tanggal 11 Februari 1979 merupakan pengambilalihan kekuasaan oleh Ayatollah Khomeini, sekaligus dinyatakan pula sebagai ‘Hari Revolusi Islam‘.

Revolusi Iran merupakan revolusi yang mengubah Iran dari Monarki di bawah Shah Mohammad Reza Pahlavi, menjadi Republik Islam yang dipimpin oleh Ayatullah Agung Ruhollah Khomeini, pemimpin revolusi dan pendiri dari Republik Islam. (Vina)

BAGIKAN

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here