Pembimbing dan Petugas Haji akan Bersertifikasi BNSP

67
Petugas haji menyediakan sandal gratis untuk para jamaah (Foto: Twitter)

Muslim Obsession – Direktur Jenderal Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU) Kementerian Agama Hilman Latief ke depannya mendorong pembimbing dan petugas haji akan bersertifikasi dari Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP).

Saat ini proses sertifikasi hanya ditujukan untuk pembimbing haji yang bekerja sama dengan Universitas Islam Negeri (UIN) dibeberapa daerah di Indonesia.

“Ke depannya pembimbing dan petugas haji akan bersertifikasi dari BNSP sehingga jelas profesinya,” ungkap Hilman saat Sosialisasi Pembinaan Manasik Haji Masa Pandemi di Yogyakarta, Rabu (20/10/2021).

Walaupun akan bekerja sama dengan BNSP, pihaknya tetap akan melibatkan UIN sebagai penyelenggaranya.

“Tapi nanti kita dorong agar bekerja sama dengan BNSP sehinggga UIN masih bisa menjadi penyelenggaranya,” jelasnya.

Sertifikasi BNSP ini kata Hilman bertujuan untuk menjamin mutu kompetensi dan pengakuan para pembimbing dan petugas haji agar menjadi sebuah profesi melalui proses sertifikasi kompetensi.

“Sertifikasi tetap kita lakukan untuk peningkatan SDM. Ke depan pembimbing dan petugas akan bersertifikasi BNSP sehingga betul-betul menjadi profesi,” tegasnya.

Hadir dalam acara tersebut para Pejabat Eselon II dan III dilingkungan Ditjen PHU.

Kegiatan dengan tema Haji Mandiri di Masa Pandemi ini diikuti 70 peserta terdiri dari pejabat dan pelaksana Ditjen PHU, Kasi pada Bidang PHU pada Kanwil Kemenag DIY dan Jateng, serta pimpinan KBIHU Jateng-DIY. Kegiatan bakal berlangsung hingga Kamis (21/10/2021).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here