Parmusi Bersama TNI Polri Bersinergi Bantu Penanganan Banjir Jakarta

367
Ketua Parmusi #SaveHelp Mulyadi berkoordinasi dengan Kapolsek Kalideres Kompol Indra Maulana.

Jakarta, Muslim Obsession – Persaudaraan Muslimin Indonesia (Parmusi) bersinergi dengan TNI, Polri, Basarnas, BNPB dan para relawan lain dalam melakukan penanganan banjir di wilayah DKI Jakarta. Salah satunya di Kelurahan Semanan, Kecamatan Kalideres, Jakarta Barat.

Di wilayah itu, Parmusi #SaveHelp menerjunkan puluhan Laskar Parmusi untuk membantu evakuasi warga yang terkena banjir, sekaligus membantu bersihkan lumpur dan puing-puing bangunan yang hancur karena banjir.

“Kita sudah menerjunkan 50 Laskar Parmusi untuk melakukan penanganan banjir di Kalideres, dengan terus melakukan sinergi dan koordinasi bersama TNI, Polri, Basarnas dan para relawan lain,” ujar Ketua Parmusi #SaveHelp Mulyadi Ikhsan di Kelurahan Semanan, Jakarta, Minggu (5/1/2020).

Seorang laskar Parmusi membagikan air mineral

Mulyadi menuturkan, wilayah Semanan termasuk wilayah yang paling parah terkena banjir. Genangan air di perkampungan ini pada saat banjir mencapai 2 meter. Lokasi yang parah berada di daerah yang dekat dengan sungai. Karenannya Parmusi mendirikan posko peduli banjir di kelurahan ini.

“Posko ini untuk melayani warga terdampak banjir dengan menyediakan kebutuhan makanan dan obatan-obatan. Jadi Pak Lurah memang menginginkan kita stay di sini untuk sementara waktu, mengingat itensitas hujan masih tinggi,” ujar Mulyadi.

Tidak hanya membuka pengobatan geratis, Parmusi #SaveHelp juga setiap hari membagikan 2.000 nasi bungkus untuk dibagikan kepada warga. Nasi bungkus diberikan karena warga menginginkan makanan yang siap saji. Bukan hanya makanan mentah.

Ibu-Ibu Muslimah Parmusi di BSD menyiapkan nasi bungkus untuk dikirim ke warga korban banjir Jakarta

“Ibu-ibu Muslimah Parmusi di BSD setiap hari masak membuat nasi bungkus untuk dikirim ke warga. Mereka lebih suka makanan siap saji dari pada bahan makanan mentah karena dapur mereka tidak ada. Tidak ada alat masaknya, pada hanyut,” jelas Mulyadi.

Tidak berhenti di situ, Parmusi #SaveHelp juga memberikan baju bekas layak pakai untuk dibagikan kepada warga. Gerakan Parmusi #SaveHelp bukan hanya di wilayah Kalideres, tapi juga menyasar
ke Condet Jakarta Timur, dan Kebon Pala, Kec. Makasar Jakarta Timur.

Di Kebon Pala, bantuan berupa uang, obat-obatan, makanan, minuman, Al-Quran, dan pakaian diterima warga yang mengungsi di Masjid Al-Hidayah yang terletak di jalan Kamboja, RW 01 Kel Kebon Pala Kec. Makasar Jakarta Timur.

Diketahui gerakan Parmusi #SaveHelp bencana banjir DKI adalah intruksi langsung dari Ketua Umum PP Parmusi H. Usamah Hisyam. Gerakan ini adalah upaya nyata kepedulian Parmusi terhadap para korban banjir di DKI Jakarta.

Salah satu laskar Parmusi membantu membawa limbah rumah tangga yag terkena banjir
Ketua Umum Parmusi, Usamah Hisyam meninjau lokasi banjir di Semanan

Parmusi tidak mau mencari kabinghitam dengan saling menyalahkan, tapi lebih baik melakukan aksi nyata membantu mereka.

“Parmusi bergerak tidak hanya menekankan konsep dakwah bil hikmah, tapi juga dakwah bi hal dengan terjun langsung memberikan bantuan dan terobosan solusi kepada masyarakat. Ini lebih baik dari pada hanya berani mencaci dan menyalahkan,” ujar Usamah.

Usamah terus mengajak kepada seluruh kader Parmusi dan masyarakat untuk gotong royong mengulurkan tangan membantu para korban banjir di Jakarta.

“Bencana ini bukan hanya menjadi beban pemerintah semata, tapi menjadi beban kita bersama. Karena mereka bukan orang lain, mereka adalah saudara kita sebangsa dan setanah air,” tandasnya.

Bagi yang ingin menggulurkan tanggan membantu para korban bencana banjir Jakarta bisa dikirim ke Rekening resmi Parmusi atas nama Persaudaraan Muslimin Indonesia, Bank BNI Syariah: 0888078873. (Albar)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here