Para Pemimpin Arab Teluk Deklarasikan Perdamaian dengan Qatar

100

Riyadh, Muslim Obession – Para pemimpin Arab Teluk menandatangani deklarasi perdamaian dengan Qatar pada Selasa (5/1/2021). Deklarasi damai dilakukan setelah Arab Saudi mencabut embargo dan blokade selama 3,5 tahun dari Qatar, karena kedekatannya dengan Iran dan dukungannya terhadap kelompok militan.

Melansir Associated Press (AP), Arab Saudi juga sedang memulihkan hubungan diplomatik penuh dengan Qatar meskipun tidak jelas seberapa cepat langkah tersebut akan diikuti oleh Uni Emirat Arab, Bahrain dan Mesir yang sejauh ini bergabung dengan Kerajaan Saudi dalam mengisolasi negara Teluk itu.

Jelang KTT Arab Teluk, Senin malam, para pemimpin Arab di kota gurun kuno Al Ula, Saudi mengumumkan bahwa mereka akan membuka blokade udara dan darat dengan Qatar.

Sebuah langkah besar pertama untuk mengakhiri krisis diplomatik yang dimulai pada 2017 silam, ketika pemerintah Trump mulai meningkatkan tekanan pada Iran.

Menteri Luar Negeri Saudi Pangeran Faisal bin Farhan mengatakan kepada wartawan setelah KTT bahwa hubungan diplomatik akan dipulihkan sepenuhnya dengan Qatar, meskipun belum ada kerangka waktu yang diberikan.

“Kami sangat senang dapat mencapai terobosan yang sangat penting ini yang kami yakini akan memberikan kontribusi sangat besar bagi stabilitas dan keamanan semua negara di kawasan ini,” kata Pangeran Faisal.

“Kami berada di mana semua orang merasa puas dan bahagia kembalinya hubungan diplomatik, penerbangan, dan lainnya, semua itu sekarang akan kembali normal.”

Terobosan diplomatik itu berdasarkan dorongan terakhir dari pemerintahan presiden Amerika Serikat (AS) yang akan lengser Donald Trump dan Kuwait yang menengahi perselisihan.

KTT Arab Teluk juga terjadi ketika Arab Saudi berusaha menyatukan negara-negara Arab jelang pemerintahan Presiden terpilih Joe Biden yang akan datang, yang diduga akan mengambil sikap lebih tegas terhadap kerajaan Saudi dan kembali bersentuhan dengan Iran. (Albar)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here