Panglima TNI Pastikan 53 Awak KRI Nanggala 402 Gugur

55

Jakarta, Muslim Obsession – Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto memastikan 53 awak kapal selam KRI Nanggala telah gugur. Kepastian ini didapat setelah tim SAR menemukan citra dan serpihan kapal selam yang didapat lebih detail.

“Berdasarkan bukti-bukti autentik tersebut dapat dinyatakan bahwa KRI Nanggala 402 telah tenggelam dan seluruh awaknya telah gugur,” ujar Hadi saat konferensi pers, Ahad (25/4/2021).

Panglima TNI mengungkapkan, KRI Rigel dan sejumlah kapal lainnya yang memiliki sonar menemukan sejumlah barang-barang lainnya. Misalnya kemudi vertikal belakang, jangkar, bagian luar badan tekan, kemudi selam timbul, bagian kapal yang lain termasuk baju keselamatan awak kapal mk11.

Dengan bukti itu, Hadi memastikan seluruh awak telah gugur.

KSAL Laksamana TNI Yudo Margono mengatakan, KRI Nanggala berhasil ditemukan setelah KRI Rigel dan MV Swift Rescue Singapura. KRI Nanggala berada di kedalaman 838 meter.

“KRI Rigel dan MV Swift Rescue berhasil melihat citra kapal selam di kedalaman 838 meter,” tambah dia.

Sebelumnya KRI Nanggala-402 hilang kontak di perairan Utara Pulau Bali pada Rabu (21/4/2021) sekitar pukul 04.25 WIB. Kapal ini sedianya dijadwalkan ikut dalam latihan penembakan rudal di laut Bali, Kamis (22/4/2021).

Latihan ini rencananya dihadiri langsung Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto dan KSAL Laksamana TNI Yudo Margono. Akan tetapi, akibat peristiwa ini memaksa latihan tersebut dibatalkan.

TNI telah mengerahkan semua sumber daya untuk menyelematkan KRI Nanggala dan juga melibatkan bantuan dari sejumlah negara lain seperti Singapura, Amerika Serikat, dan India.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here