Palestina Mengutuk Relokasi Kedutaan Paraguay di Yerusalem

473
Saeb Erekat, sekretaris jenderal Komite Eksekutif Organisasi Pembebasan Palestina (PLO) (Photo: Wafa)

Ramallah, Muslim Obsession – Saeb Erekat, sekretaris jenderal Komite Eksekutif Organisasi Pembebasan Palestina (PLO), mengutuk pembukaan kedutaan Paraguay di Yerusalem. Dia juga menyerukan boikot Arab terhadap negara-negara yang memindahkan kedutaan mereka ke Yerusalem.

“Kami telah menyaksikan hari ini bagaimana presiden Paraguay adalah pemimpin politik yang tidak bertanggung jawab dengan menentang hukum internasional dan pencapaian perdamaian yang adil dan abadi di Timur Tengah,” kata Erekat dalam sebuah pernyataan, Senin (21/5/2018) waktu setempat.

Dengan membuka kedutaannya di Yerusalem, Erekat menyatakan Paraguay melanggar Resolusi Dewan Keamanan PBB 478 serta martabat orang-orang Amerika Latin yang telah berjuang untuk kebebasan dan keadilan melawan dominasi dan penindasan.

“Memindahkan kedutaan ke Yerusalem adalah langkah yang ditolak secara luas. Dikutuk oleh PBB, Uni Eropa, Liga Arab, Organisasi Konferensi Islam, Tahta Suci serta oleh gereja-gereja lokal Yerusalem dan seluruh Palestina,” terangnya, sebagaimana dilansir Wafa, Selasa (22/5/2018).

Erekat mengatakan bahwa Otoritas Palestina sudah melakukan kontak dengan beberapa sekutu untuk maju dengan langkah diplomatik yang diperlukan terhadap gerakan ilegal terakhir dari kedutaan Paraguay, Guatemala, dan Amerika Serikat, ke Yerusalem.

“Kami terutama menyerukan kepada negara-negara Arab yang menjadi tuan rumah misi diplomatik negara-negara ini. Untuk menerapkan resolusi sebelumnya dari Liga Arab 1980, 1990 dan 2000 guna memutuskan semua hubungan dengan negara-negara yang mentransfer kedutaan mereka ke Yerusalem atau mengakui Yerusalem sebagai ibu kota Israel,” simpulnya.

Paraguay adalah negara ketiga yang mengikuti jejak Amerika Serikat dan Guatemala yang menyatakan untuk memindahkan kedutaannya di Israel dari Tel Aviv ke Yerusalem. (Vina)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here