Otoritas Bulan Sabit Merah Tawarkan Layanan Darurat Bagi Jamaah Haji

410

Jeddah, Muslim Obsession – Otoritas Bulan Sabit Merah Saudi tengah melakukan upaya persiapan untuk musim haji tahun ini dengan menawarkan layanan darurat bagi peziarah di Masjidil Haram, Mekkah.

Seperti dilansir Arab News, Selasa (24/7/2018), ribuan petugas ini akan beroperasi di semua jalan menuju ke Kota Mekkah dan mengamankan beberapa tempat yang dinilai rawan selama ziarah.

Para petugas juga akan melayani tamu Masjid Nabawi di Madinah. Sekitar 2.631 individu, termasuk dokter, spesialis, administrator dan teknisi akan berada di Mekah dan Madinah untuk melayani para peziarah tahun ini.

Bulan Sabit Merah telah menyiapkan lebih dari 69 pusat darurat di tempat-tempat yang rawan di Mina, Muzdalifa dan Gunung Arafat, termasuk jalan menuju daerah-daerah tersebut.

36 pusat darurat akan tersebar di Makkah, serta 15 ambulan dan 27 sepeda motor. 21 pusat darurat lainnya akan tersedia di Madinah dan daerah sekitar Masjid Prpohet, atau Masjid Nabbawi, dan lebih dari 10 pusat ambulans akan didistribusikan antara lokasi bandara dan titik masuk tanah.

Selain itu, untuk memberikan keamanan bagi para jamaah haji, pihak Saudi juga telah mengaktifkan layanan 911. Layanan ini diperuntukkan bagi jamaah yang membutuhkan bantuan.

Hebatnya, perator 911 juga menyediakan layanan dalam enam bahasa untuk memudahkan komunikasi, yakni bahasa Arab, Inggris, Prancis, Farsi, Urdu dan Indonesia.

Adapun pusat kontrol 911 ini berlokasi tidak jauh dari Masjidil Haram, banyak petugas yang berjaga disekitaran itu, ketika mendapat laporan petugas akan dengan sigap mencari titik permasalahan.

Pusat kontrol 911 ini mirip lembaga darurat, patroli, lalu lintas, departemen keamanan jalan dan pertahanan sipil. Hal ini demi terjaganya integrasi pelayanan keamanan jamaah selama puncak ibadah haji, yang aktif 24 jam. (Bal)

BAGIKAN

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here