Orang yang Peduli Masjid Akan Dilindungi Allah Ta’ala

166

Oleh: A. Hamid Husain (Alumni Pondok Modern Gontor, King Abdul Aziz University, dan Ummul Qura University)

Rasulullah ﷺ bersabda:

عن انس بن مالك رضى الله عنه قال، قال رسول الله صلى الله عليه وسلم: إِنَّ اللهَ تَعَالَى إِذَا أَنْزَلَ عَاهَةً مِنَ السَّمَاءِ عَلَى أَهْلِ الأرْضِ صُرِفَتْ عَنْ عُمَّارِ الْمَسَاجِد. (رواه ابن عساكر)

“Sungguh, jika Allah Ta’ala menurunkan penyakit dari langit kepada penduduk bumi, maka Allah menjauhkan penyakit itu dari orang-orang yang memakmurkan masjid,” (Hadits Sahih Riwayat Al-Imam Ibnu Asaakir, Juz 17 hlm 11 dan Ibnu Adi, Juz 3 hlm 232).

Masjid adalah rumah Allah, maka Allah selalu menyayangi dan melindungi orang-orang yang ikhlas peduli pada masjid.

BACA JUGA: Saat Tak Khusyuk dalam Shalat, Meludahlah ke Kiri

POINTERS:

1. Sebagai “warning” agar manusia tidak terus bertambah jauh kesesatannya dan tambah menyimpang dari jalan Allah, maka Allah selalu menurunkan peringatan berupa bencana alam dan wabah pandemik agar segera sadar dan kembali ke jalan Allah.

Allah SWT berfirman yang artinya:

“Dan tidakkah mereka memperhatikan, bahwa mereka akan diuji (diperingatkan) sekali atau dua kali setiap tahun, namun mereka tidak juga bertobat dan tidak pula mengambil pelajaran?”

Demikian inti arti dari QS. At-Taubah 9, ayat 126:

اولا يرون انهم يفتنون فى كل عام مرة او مرتين ثم لا يتوبون ولا هم يذكرون. (التوبة ٩ الاية ١٢٦)

BACA JUGA: Selamat dari Siksa Kubur Karena Bacaan Al-Quran

JIKA: di suatu negara, daerah atau komunitas sudah banyak yang melakukan kenakalan secara terang-terangan, berjamaah dan tidak merasa malu-malu lagi,

MAKA: Allah SWT akan memberikan “WARNING”, peringatan agar mereka segera sadar dan bertaubat.

2. Peringatan berupa wabah penyakit, bencana, banjir bandang, angin kencang, hujan dahsyat, kebakaran besar, gempa, kemarau panjang dan kelaparan, agar mereka SEGERA menghentikan kemungkaran, kenakalan, kemunafikan atau kejahatan mereka dan menyadari bahwa dunia ini ada yang punya, ada Tuhan yang mengatur, manusia hanya menumpang di sini, maka harus tahu diri dengan mengikuti aturan Sang Yang Empunya.

3. Dan “warning” atau peringatan berupa bencana itu, orang-orang baiknya yang ada di tengah-tengah mereka, juga ikut terkena dampaknya, karena mereka dianggap tidak mengingatkan dan tidak mengajak ke jalan yang benar.

BACA JUGA: Rasulullah Berpesan, Tutuplah Makanan dan Minuman

SOLUSI:

1. Agar terhindar dari wabah penyakit yang bersifat pandemik, menyebar luas, maka tekunlah ikhlas memakmurkan masjid, yaitu dengan rajin ke masjid, aktif mengurus masjid, rutin menyumbang ke masjid, dan tekun ikut membangun dan peduli pada masjid.

2. Perbanyak mohon ampun, ibadah dan tingkatkan keshalihan masing-masing.

3. Saling tolong menolong dalam kebaikan.

Semoga Allah SWT senantiasa melindungi kita dari segala bencana, musibah dan penyakit. Aamiin.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here