Saat Tak Khusyuk dalam Shalat, Meludahlah ke Kiri

167

Oleh: A. Hamid Husain (Alumni Pondok Modern Gontor, King Abdul Aziz University, dan Ummul Qura University)

Saat shalat, terkadang kita sulit untuk fokus, susah khusyuk. Lalu, bagaimana cara mengatasinya? Nabi Muhammad ﷺ memberikan solusinya. Beliau bersabda:

تعوذ بالله و اتفل على اليسار ثلالثا

“Mohon perlindungan pada Allah dan berludah ke kiri sebanyak tiga kali”.

BACA JUGA: Modal Utama adalah Kebersamaan

TRUE STORY:

Sahabat dekat Rasulullah ﷺ bernama Otsman bin Abiil ‘Aash, datang menemui Rasulullah ﷺ meminta arahan cara mengatasi pikiran yang sulit fokus, susah khusyu dalam Shalat, terkadang lupa hafalan bacaan Shalat atau lupa jumlah rakaatnya.

Rasulullah ﷺ bersabda yang maknanya:

“Itulah dia Setan yang bernama KHANZAB. Jika engkau merasa ada yang mengganggu pikiranmu, maka, mohonlah perlindungan Allah, dan  اتفل على اليسار ثلاثا yaitu meludah (tanpa mengeluarkan air ludah) buang ke arah kiri, dan lakukan tiga kali”.

Sahabat Othman bin Abil ‘Aash menuturkan: “Setelah saya memperaktekkan apa yang diperintahkan Rasulullah ini, Allah pun menjauhkan gangguan Setan dari diri saya”.

BACA JUGA: Ikuti Cara Nabi Naik Turun Tangga

Demikian intisari dari Hadits Sahih yang diriwayatkan oleh Al-Imam Muslim radhiyallahu ‘anhu dibawah ini:

ان عثمان بن ابى العاص اتى النبي صلى الله عليه وسلم فقال: يارسول الله ان الشيطان قد حال بينى وبين صلاتى وقراءتى يلبسها على. فقال رسول الله صلى الله عليه وسلم: ذاك شيطان يقال له خنزب. فاذا احسسته فتعوذ بالله منه واتفل على يسارك ثلاثا. فقال؛ فعلت ذلك فاذهبه الله عنى.  (رواه مسلم ٢٢٠٣)

POINTERS:

1. Dalam hidup ini, setiap kita akan melakukan kebaikan, ibadah, terutama Sholat, selalu saja ada gangguan dan rayuan yang ingin menghalangi agar menggagalkan niyat baik kita.

2. Pengganggu pikiran dan hati itu adalah Setan bernama KHANZAB.

3. Shalat adalah segalanya. Jika shalat beres, maka ibadah yang lain dianggap beres pula oleh Allah. Maka utamakan mengerjakan shalat dengan sebaik-baiknya.

BACA JUGA: Selamat dari Siksa Kubur Karena Bacaan Al-Quran 

4. Untuk khusyuk dalam shalat, perlu MEMAHAMI dan MENGHAYATI arti bacaan bacaan shalat, dan upayakan fikiran fokus pada arti bacaan selama shalat, sehingga otak tidak lari ke mana-mana.

5. Setan akan selalu ngotot ingin masuk dan mengganggu otak saat kita shalat, pikiran kita dibawa ke mana-mana, sampai lupa jumlah rakaat, lupa bacaan, dan yang diingat adalah hal-hal yang tak terpikirkan di luar shalat.

6. Agar tidak diganggu oleh Setan KHANZAB, maka setiap akan shalat, saat sudah berdiri lurus sebelum “Takbiratul Ihram”, baca: “A’uudzu Billaahi Minas Syaithaani Rajiim” (اعوذ بالله من الشيطان الرجيم) kemudian meludahlah tanpa ada air keluar, buang ke arah kiri.

Meludah ini, atau (اتفل على اليسار) semacam ISYARAT saja, jangan sampai mengganggu jamaah sebelah. Hal ini dilakukan berulang 3 kali.

Demikian petunjuk Rasulullah ﷺ cara mengusir Setan KHANZAB. Semoga Allah SWT menganugerahkan kita kemampuan selalu khusyuk dalam shalat, dijauhkan dari gangguang dan kejahantan Jin dan Manusia. Aamiin.

Wallahu a’lam bish shawab.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here