Musim Hujan Datang, Lakukan Tips Ini untuk Menjaga Kesehatan

80
Ilustrasi. Foto istimewa.
Ilustrasi. Foto istimewa.

Jakarta, Muslim Obsession – Sejak awal Oktober ini, di beberapa daerah di Indonesia sudah mulai diguyur hujan. Wilayah Jakarta Selatan sejak semalam diguyur hujan dari ba’da magrib hingga pukul 21.00 WIB.

Memasuki musim penghujan, udara jadi berubah dingin dan cenderung bisa mengembangkan penyakit. Perlu diperhatikan beralihnya musim kemarau kepada musim penghujan.

Untuk menjaga daya tahan tubuh agar tidak mudah terserang berbagai penyakit Anda perlu menerapkan beberapa tips ini.

Dikutip dari doktersehat, tips untuk menjaga kesehatan di musim hujan diantaranya:

Pertama selalu membawa payung atau jas hujan. Usahakan kedua benda ini harus selalu Anda bawa ke mana pun Anda pergi apalagi saat musim hujan.

Meski pagi hari matahari nampak sangat cerah, sebaiknya Anda tetap membawa dua benda ini, jaga-jaga jika sewaktu-waktu sore hari turun hujan.

Kedua utamakan konsumsi makanan sehat. Karena saat musim hujan, suhu jadi lebih rendah dan tubuh juga memerlukan banyak kalori untuk menghangatkan tubuh.

Selain itu, tubuh juga perlu banyak asupan nutrisi untuk mencegah terserang penyakit. Perbanyak konsumsi makanan yang banyak mengandung vitamin C dan antioksidan karena dapat menguatkan imun tubuh.

Ketiga cuci tangan dengan sabun. Ini juga tak kalah penting. Anda mungkin memiliki kebiasaan buruk tidak mencuci tangan saat ingin melakukan apa pun, dan hal inilah yang harus diubah.

Tangan adalah tempat yang sangat baik menjadi sarang virus dan bakteri, bisa saja Anda terserang flu karena tidak menjaga kebersihan tangan. Jika tidak sempat cuci tangan, bawa hand sanitizer ke mana pun Anda pergi.

Keempat minum air bersih dan sesekali teh herbal. Banyak minum air putih juga membantu detoks tubuh dari racun dan menjaga kekebalan tubuh terhadap penyakit.

Tidak hanya itu, tips kesehatan musim hujan ini penting untuk memastikan bahwa air yang Anda minum bersih dan matang. Minum teh herbal juga baik baik sekali untuk menguatkan dan menghangatkan tubuh, apalagi diminum setela kehujanan.

Kelima jaga kebersihan lingkungan Anda. Musim hujan membuat badan Anda rawan sekali terhadap segala macam penyakit. Jika hujan sangat deras, biasanya akan membawa sampah dari berbagai tempat dan terkadang mengendap di halaman rumah, ini bisa membawa penyakit.

Jadi, sangat penting untuk menjalani tips menjaga kesehatan di musim hujan dengan membersihkan rumah dan lingkungan sekitar untuk mencegah penyakit bersarang.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here