Musim Haji 2018, Para Jemaah Haji Mulai Berdatangan

486
Sejumlah jamaah calon haji berjalan menuju pesawat saat pemberangkatan kloter terakhir Embarkasi Boyolali di Bandara Adi Soemarmo, Boyolali, Jawa Tengah (Foto: Sukabum Ekspres)

Jeddah, Muslim Obsession – Para jemaah haji 2018 sudah mulai berdatangan di Bandara Internasional King Abdul Aziz, Jeddah dan Bandara Internasional Prince Mohammed bin Abdul Aziz, Madinah. rombongan jemaah haji pertama yang tiba yaitu dari Pakistan, Bangladesh, Afghanistan dan Malaysia pada Sabtu (14/7/2018).

Bandara Internasional King Abdul Aziz, Jeddah, dan Bandara Internasional Prince Mohammed bin Abdul Aziz, Madinah, sudah siap untuk menyambut dan melayani para jemaah haji dari seluruh dunia.

Seperti dilansir Arabnews, juru bicara Kementerian Agama Pakistan, Imran Siddiqui, mengatakan Pakistan telah mulai mengoperasikan penerbangan haji dan penerbangan Pakistan International Airlines (PIA) pertama PK-7001, membawa 171 peziarah dari Karachi, mendarat di Madinah pada Sabtu pagi.

Pada penerbangan kedua, 186 peziarah Pakistan mendarat di Bandara Internasional King Abdul Aziz, Jeddah dari Islamabad melalui PK-741 dan langsung disambut oleh petugas konsulat Pakistan, Wakil Menteri Haji Arab Abdullah Al-Fataah dan para pejabat Saudi lainnya yang juga turut hadir.

Menurut kebijakan Haji 2018, total 107.000 orang Pakistan akan melakukan haji di bawah skema Haji pemerintah dan 77.210 para calon jemah haji akan melakukannya melalui skema Haji pribadi. Penerbangan haji juga di jadwalkan dari kota-kota besar lainnya di negara itu termasuk Peshawar, Multan, Sukkur, Lahore dan Faisalabad.

“Kami telah membuat pengaturan akomodasi, makanan dan transportasi yang sangat baik untuk semua peziarah dengan kerja sama pemerintah Saudi,” katanya, Ahad (15/7/2018).

Dia mengatakan 184.210 orang Pakistan akan melakukan haji tahun ini, sementara operasi penerbangan akan berlanjut dari Sabtu hingga 15 Agustus,  “Kedutaan Arab Saudi di Islamabad tetap buka, bahkan di akhir pekan, untuk memproses visa dan persyaratan resmi lainnya bagi orang-orang yang berniat melakukan haji,”ungkapnya.

Bandara Jeddah sudah mmenerima penerbangan pertama dengan membawa jemaah haji dari Bangladesh, sekitar 419 orang.

Tidak hanya itu, para penumpang yang telah tiba, langsung diterima oleh Wakil Presiden Otoritas Umum untuk Penerbangan Sipil Sulaiman bin Hamad Al-Bassam, Direktur Jenderal Bandara Internasional King Abdul Aziz Essam Fouad, dan sejumlah pejabat pemerintah dan bandara.

Bandara Madinah juga menerima penerbangan pertama membawa peziarah dari Malaysia. Selain itu, penerbangan Haji pertama dari Kabul juga tiba di Arab Saudi pada hari Sabtu, membawa 345 jemaah haji dari Afghanistan.

Diperkirakan 30.000 warga Afghanistan akan melakukan haji tahun ini, di mana pemerintah akan mensponsori 500 terutama anggota keluarga dari mereka yang menjadi korban perang yang sedang berlangsung di negara itu. (Bal)

BAGIKAN

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here