MUI Minta Tak Golput di Pilpres 2019

341
Din-Syamsuddin
Din-Syamsuddin (Foto: dinsyamsuddin.com)

Jakarta, Muslim Obsession – Ketua Dewan Pertimbangan Majelis Ulama Indonesia (MUI) Din Syamsuddin menyerukan agar masyarakat tidak memilih golput dalam Pemilu 2019. Meskipun tidak ada fatwa yang mengharamkan golput, menurut Din, golput bisa menurunkan kualitas pemilu.

“MUI sangat kuat untuk mendorong tidak golput, untuk menganjurkan hak dan kewajiban sebagai rakyat warga negara,” katanya, Rabu (30/1/2019).

Menurutnya, menggunakan hak pilih dalam pemilu merupakan bentuk tanggung jawab sebagai warga negara. Din mengatakan menggunakan hak pilih juga termasuk tanggung jawab dalam hal keagamaan.

Baca juga:

Jelang Pilpres 2019, Wantim MUI Sebut Hadits Harus Jadi Rujukan

MUI Siap Jadi ‘Rumah’ Bagi Kedua Paslon Presiden

NU dan Muhammadiyah Layak Dapat Nobel Perdamaian

“Maka sebaiknya jangan golput. Bisa rugi dan merugikan,” ucapnya.

Din mengatakan MUI sudah pernah menerbitkan fatwa pada 2014 lalu. Fatwa itu berisi tentang imbauan agar umat Islam menggunakan hak pilihnya. Namun, lanjutnya, dalam fatwa itu golput tidak sampai disebut haram.

“Enggak sampai haram, hanya bersifat anjuran. Itu bukan sesuatu yang halal atau haram,” tukasnya.

Din tidak hanya berharap umat Islam menggunakan hak pilihnya, tetapi juga menggunakan pertimbangan sebelum menentukan pilihannya. Dengan kata lain, tidak asal pilih.

Din mengatakan umat Islam mesti memilih calon yang peduli dan memperjuangkan kepentingan Islam. Selain itu, juga menentukan pilihan kepada calon yang memiliki semangat mempertahankan kedaulatan negara.

“Yang juga diyakini bisa membawa bangsa ini kepada kemajuan mencapai cita-citanya. sebagaimana amanat proklamasi kemerdekaan Indonesia,” pungkasnya. (Bal)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here