Miris! Lebih dari 150.000 Anak Mengidap HIV di Nigeria

56
Anak-anak sekolah Nigeria yang dibebaskan setelah diculik bulan lalu di Dapchi oleh militan Boko Haram menunggu untuk bertemu dengan presiden Nigeria di Abuja pada 23 Maret 2018. (Photo: kagstv)

Muslim Obsession – Lebih dari 150.000 anak di Nigeria hidup dengan Human Immunodeficiency Virus, juga dikenal sebagai HIV, kata pihak berwenang, Kamis (25/11/2021).

Menurut Gambo Aliyu, kepala Badan Nasional Penanggulangan AIDS (NACA), negara di Afrika Barat itu telah membuat kemajuan yang signifikan selama beberapa tahun terakhir dalam memerangi HIV/AIDS.

Namun, dia mengatakan bahwa hanya 80.000 anak dari 150.000 yang menerima perawatan rutin.

“Hampir 1,8 juta orang di negara ini hidup dengan HIV, dengan 90 persen dari mereka mengetahui status HIV mereka dan 96 persen dalam pengobatan,” tambahnya, dilansir Anadolu.

NACA akan terus melakukan kampanye melawan HIV/AIDS dan Aliyu meminta masyarakat untuk melakukan tes apakah terkena virus tersebut.

Untuk diketahui, virus ini menyerang manusia dan menyerang sistem kekebalan tubuh, sehingga tubuh menjadi lemah dalam melawan infeksi. Jika virus ini terus menyerang tubuh, sistem pertahanan tubuh kita akan semakin lemah.

Tanpa pengobatan, seorang dengan HIV bisa bertahan hidup selama 9-11 tahun setelah terinfeksi, tergantung tipenya.

Dengan kata lain, kehadiran virus ini dalam tubuh akan menyebabkan penurunan sistem imun. Penyaluran virus HIV bisa melalui penyaluran Semen (reproduksi), Darah, cairan vagina, dan ASI.

HIV bekerja dengan membunuh sel-sel penting yang dibutuhkan oleh manusia, salah satunya adalah Sel T pembantu, Makrofaga, Sel dendritik.

BAGIKAN

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here