Minim Restoran Halal, Turis Muslim Nyaris Kelaparan di Korsel

94
Halal Meat Shop (Foto: About Islam)

Seoul, Muslim Obsession – Pergi berjalan-jalan sore di sekitar taman di kota Busan, kota terbesar kedua Korea Selatan (Korsel), turis Indonesia Rati dan dua teman Muslimnya mengatakan mereka hampir kelaparan karena gagal menemukan makanan bersertifikat halal.

“Ada makanan halal yang India, tetapi kami ingin memiliki makanan Korea halal,” keluh teman Rati, Meri, seperti dilaporkan Channel News Asia, Senin (16/12/2019).

Akhirnya mereka punya solusi, yaitu makan makanan laut yang terkenal di kota pelabuhan, yang mereka anggap makanan itu aman untuk dimakan. Namun, setelah mengunjungi ibu kota negara itu, Seoul, mereka mengatakan bahwa mereka merasa lebih sulit untuk bepergian di Busan, dibandingkan dengan Seoul.

“Di Seoul, semua makanan halal berada di daerah yang sama yakni di Itaewon sehingga kita bisa pergi ke sana,” kata Meri.

Selain mereka, salah satu turis bernama Wan Rusnee Wangsoh juga menghadapi kesulitan di Seoul karena dia tidak dapat menemukan makanan ramah Muslim di daerah wisata seperti Hongdae.

Menurut situs web Organisasi Pariwisata Korea (KTO), wisatawan Muslim dari Asia dan Oseania adalah area fokus. Imam di Federasi Muslim Korea Seoul Abdul Rahman Lee mengatakan kepada CNA bahwa masih merupakan tantangan bagi wisatawan Muslim untuk mendapatkan makanan halal, meskipun banyak perubahan telah terjadi dalam empat tahun terakhir untuk membuat Seoul lebih ramah Muslim.

Namun, beberapa Muslim percaya bahwa restoran di Seoul menjadi lebih ramah Muslim. “Beberapa restoran menyajikan daging halal meskipun mereka tidak bersertifikat halal,” kata Lailatul Husna, seorang warga Malaysia yang belajar di Korea.

Menurut Federasi Muslim Korea (KMF) yang didirikan pada tahun 1967, ada sekitar 120.000 hingga 130.000 Muslim yang tinggal di Korea Selatan, baik penduduk asli maupun orang asing.

Mayoritas penduduk Korea Selatan terdiri dari pekerja migran dari Pakistan dan Bangladesh. Sedangkan jumlah Muslim asli Korea diperkirakan sekitar 45.000 warga. (Vina)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here