Milad ke-54, DDII Lantik Pengurus Pusat Masa Khidmat 2020-2025

49
Jajaran Pengurus Pusat DDII masa khidmat 2020-2025.

Jakarta, Muslim Obsession – Dewan Dakwah Islamiyah Indonesia (DDII) resmi melantik jajaran pengurus pusatnya masa khidmat 2020-2025 sekaligus menggelar Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) tahun 2021, Jumat (26/2/2021).

Tanggal tersebut bersejarah karena bertepatan dengan pendirian DDII oleh Mohammad Natsir bersama sejumlah tokoh Islam lainnya pada 54 tahun silam.

Ketua Pelaksana Rakornas Dewan Dakwah Islamiyah Indonesia 2021, Ustadz Ade Salamun mengatakan, kegiatan akan berlangsung selama tiga hari sejak tanggal 26 Februari sampai 28 Februari 2021 dengan mengusung tema “Membangun Sinergi Antar Dewan Da’wah Pusat dan Daerah untuk Penguatan Organisasi”.

Menurutnya, tema ini diangkat berdasarkan kebutuhan internal untuk meningkatkan profesionalisme Sumber Daya Manusia (SDM), meningkatkan fungsi koordinasi antar bidang, unit-unit kerja dan unit-unit pelakasana kegiatan, optimalisasi aset-aset serta sarana dan prasarana yang dimiliki dan dibangun DDII.

Tujuan utamanya adalah optimalisasi program-program pokok Dewan Da’wah dengan membangun kesepahaman dan sinergi pengurus pusat dan daerah.

Rakornas juga meneguhkan komitmen peningkatan kualitas kinerja dan gerakan dakwah serta mendorong pengurus di tingkat provinsi untuk mengaktivasi dan meluaskan kepengurusan DDII di  kota/kabupaten.

“Hal ini bertujuan guna mewujudkan lima prinsip dakwah: menguatkan akidah, menegakkan syariah, mempererat ukhuwah, mengokohkan NKRI, dan menggalang solidaritas dunia Islam,” kata Ustadz Ade dalam keterangan persnya, Jumat (26/2/2021).

Ia menambahkan, tema Rakornas juga menyeleraskan dengan situasi eksternal DDII berkaitan dengan tantangan dakwah yang dihadapi semakin kompleks, terutama penyebaran dan pemaksaan pemikiran dan paham-paham yang merusak keimanan dan akhlak mulia.

“Dengan kondisi eksternal yang demikian, Dewan Dakwah Islamiyah Indonesia berharap dapat mewujudkan cita-citanya, melahirkan insan-insan mulia, dan mewujudkan masyarakat yang adil dan makmur dalam naungan rida Ilahi,” katanya.

Berbeda dari penyelenggaraan Rakornas tahunan sebelumnya yang berpusat di suatu tempat (berbasis offline), format Rakornas kali ini berbasis online menggunakan aplikasi Zoom Meeting untuk pelaksanaan fungsi koordinasi dengan 32 perwakilan Dewan Da’wah provinsi dan lebih dari seratus cabang kota/kabupaten, mengingat situasi pandemi Covid19 yang masih merebak dan menjadi persoalan bersama negara-negara di dunia.

Acara Rakornas hari pertama, Jumat 26 Februari 2021, diawali dengan pelantikan Pengurus DDII masa khidmat 2020-2025 di bawah kepemimpinan Dr. H. Adian Husaini, oleh Ketua Pembina Dewan Dakwah yaitu Prof. Dr. H. Didin Hafidhuddin. Rakornas DDII tahun 2021 kemudian akan dilanjutkan pada hari Sabtu 27 Februari dan berakhir pada hari Minggu 28 Februari 2021. (Fath)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here