Milad ke-43 Tahun, Masjid Istiqlal Terima Wakaf 3.000 Mushaf Al-Quran

91

Jakarta, Muslim Obsession – Ketua Umum Yayasan Muslim Sinar Mas (YMSM), Saleh Husin, pihaknya telah memberikan ribuan Mushaf Al-Quran untuk masjid Istiqlal dalam rangka Milad Masjid Istiqlal ke-43.

Saleh mengatakan, wakaf ini diberikan akses masyarakat terhadap mushaf Al-Quran dan terjemahannya agar semakin terbuka. Masyarakat akan tertarik untuk membaca Al-Quran.

“Agar kita dapat membaca, memahami dan memaknainya dengan tepat sekaligus kontekstual, sehingga keimanan dan akhlak kita semakin meningkat. Selaras dengan tema milad, Memberdayakan Umat untuk Kemajuan Bangsa,” ujar Saleh dalam keterangan tertulisnya, Jumat (19/2/2021).

Dalam kesempatan itu, Saleh menyerahkan 3.000 mushaf Al-Quran bagi Badan Pelaksana Pengelola Masjid Istiqlal, yang diterima oleh Imam Besar Masjid Istiqlal, KH Nasaruddin Umar. Turut hadir menyaksikan pengurus Yayasan Muslim Sinarmas Yan Partawijaya dan Imam Islamic Centre of New York Muhammad Syamsi Ali.

Sementara Wakil Ketua Umum Yayasan Muslim Sinar Mas, Dhonny Rahayoe mengatakan kegiatan ini sekaligus menjadi ajang silaturahim serta upaya yayasan dalam memperkuat hubungan antara umat yang toleran dan sejuk.

“Kami banyak mendapatkan pelajaran penting dari para pengelola Masjid Istiqlal dalam langkah kami menjadikan ratusan sarana peribadatan Islam di lingkup Sinar Mas sebagai wahana penyebarluasan nilai keislaman yang terbuka, damai, dan peduli sesama,” ujarnya.

Menurut Saleh, pertimbangan mewakafkan versi cetak dikarenakan kehadirannya masih menjadi pilihan utama umat muslim meskipun teknologi digital telah menjadi alternatif yang baik guna mendalami nilai-nilai keislaman.

“Kebutuhan masyarakat akan mushaf tercetak belum tergantikan, terutama di sarana peribadatan, lembaga keagamaan dan pendidikan,” ujarnya

Saleh menambahkan, YMSM hadir guna mewadahi praktik keIslaman yang terbuka, toleran, setara, dan penuh kasih di lingkup Sinar Mas, serta memanfaatkan potensi yang dimiliki segenap karyawan di lingkup internal guna tak sekadar meningkatkan produktivitas kerja, namun juga ketakwaan pribadi.

Sementara di luar, yayasan mendorong silaturahim sekaligus sinergi bersama sosok maupun lembaga keagamaan, melalui beragam kegiatan sosial, dan pendidikan.

Ia menambahkan bahwa Sejak tahun 2008, dengan dukungan Asia Pulp & Paper Sinar Mas, telah terdonasikan lebih dari 1 juta mushaf Al-Quran, 150 ribu buku panduan membaca Al-Quran atau Juz Amma, juga 300 set Al-Quran Braille bagi tuna netra, baik melalui mitra, maupun pilar bisnis Sinar Mas yang tersebar di berbagai wilayah.

Adapun tahun 2021 ini, Sinar Mas berencana mewakafkan hingga 150.000 mushaf, berikut 25.000 Juz Amma. “Seluruh kertas dalam Al-Quran yang diwakafkan, menggunakan kertas premium Sinar Tech atau lebih dikenal sebagai Quran Paper (QPP) yang dikembangkan oleh Indah Kiat Pulp & Paper Tangerang guna pencetakan kitab suci dan buku agama,” tuturnya.

Quran Paper yang memenuhi sertifikat halal dari Majelis Ulama Indonesia, imbuhnya, karena bahan baku dan proses produksinya memenuhi kaidah kehalalan ini, hingga 90 persen produksinya di ekspor ke berbagai negara Asia dan Afrika. (Albar)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here