Mike Pence: Tak Ada Tempat untuk Kekaisaran atau Agresi di Indo-Pasifik

349
Mike Pence dan Presiden Jokowi (Foto: sg.news.yahoo.com)

Singapura, Muslim Obsession – Wakil Presiden Amerika Serikat Mike Pence menegaskan kepada para para pemimpin ASEAN bahwa di kawasan Indo-Pasifik tidak boleh ada tempat untuk kekaisaran ataupun agresi.

Hal itu dikatakannya dalam KTT ASEAN di Singapura, seperti dikutip Al-Jazeera, Jumat (16/11/2018).

KTT ASEAN AS merupakan salah satu acara di dalam rangkaian KTT ASEAN ke 33. Dalam sambutannya tersebut, Pence tidak menyebut secara rinci negara mana yang dimaksud memiliki niat untuk membentuk ‘emperor’ dan agresi di kawasan Indo-Pasifik.

Dia menekankan bahwa negara-negara kecil ataupun besar yang ada di Indo-Pasifik harus diberi kesempatan untuk berkembang.

“Sebagaimana Anda, kami menginginkan Indo-Pasifik sebagai kawasan untuk semua negara baik besar dan kecil dapat makmur dan berkembang secara aman dengan berdaulat,” tegasnya.

Selain itu, dia juga mengatakan bahwa Indo-Pasifik harus membuat negara-negara di dalamnya dapat percaya diri dengan nilai-nilai yang ada serta dapat tumbuh menjadi lebih kuat secara bersama-sama.

Lebih lanjut, Mike mengatakan Washington telah mengambil tindakan untuk mempromosikan visi ini, termasuk langkah-langkah untuk memacu investasi swasta di bidang infrastruktur dan mengejar perdagangan yang bebas, adil, dan timbal balik.

Mike juga menyoroti pressure campaign Amerika Serikat terhadap Korea Utara, serta komitmen untuk menegakkan kebebasan di lautan dan langit, serta tekad untuk memastikan bahwa negara-negara Asia Tenggara aman di perbatasan kedaulatan mereka, baik di darat dan laut pada era dunia digital saat ini. (Bal)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here