Meski Diprotes, FC Koln Tetap Pertahankan Gambar Masjid di Jersey

425
Siluet gambar masjid tercetak di jersey FC Koln.

Koln, Muslim Obsession – FC Koln bersikap tegas terhadap Islamofobia yang berkembang di kalangan supporter. Klub Bundesliga Jerman itu memilih tidak menggubris seorang supporter yang memprotes gambar masjid di jersey barunya.

Dilansir Goal.com, pada Selasa (11/8), FC Koln mengunggah sebuah pernyataan dari seorang fans mereka yang ingin berhenti menjadi anggota klub karena keberadaan gambar masjid di jersey away musim 2020/21.

Koln sendiri telah merilis jersey home, away, dan third untuk musim depan. Namun, jersey away yang berwarna merah jadi sorotan oleh seorang pendukung Koln. Ia protes dengan keberadaan siluet masjid dalam desain jersey tersebut.

Gambar masjid di jersey itu sejatinya merupakan bagian dari siluet lanskap Kota Koln yang di dalamnya juga terdapat bangunan lain seperti Katedral Koln dan RheinEnergieStadion. Kendati demikian, fans yang tidak disebut namanya itu tetap tidak menyukainya. Ia juga menyebut Koln sebagai “organsisasi keagamaan”.

“Hari ini, saya melihat klub ini akan memakai jersey yang di dalamnya terdapat gambar masjid. Karena saya tidak mengidentifikasi diri dengan Muslim dan masjid, maka saya ingin keluar dari organsasi keagamaan ini. Musim depan, saya memprediksi Koln akan memakai seragam berwarna pink dan segalanya menjadi sempurna,” tulis fans dengan nada sinis.

Protes tersebut kemudian diunggah oleh Koln melalui akun Twitter mereka. Menanggapi hal itu, Koln memilih bersikap masa bodoh dan mempersilakan fans tersebut untuk angkat kaki dari klub.

Tak hanya itu, lewat cuitannya, Koln juga menyertakan gambar jersey away yang diubah warnanya menjadi merah muda, sesuai “usulan” dari fans tersebut.

“Kami menerima keterangan ini dari seorang fans kami yang ingin membatalkan keanggotaan mereka karena adanya gambar masjid di jersey kami. Maka dari itu, kami ucapkan: selamat tinggal dan terima kasih atas idenya,” demikian keterangan dari akun Twitter Koln. (**)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here