Merinding, Kisah Masjid yang Tiba-Tiba Muncul di Jombang

411
Masjid Tiban di Jombang

Jombang, Muslim Obsession – Masjid Manaazilul Akhiroh yang berada di Dusun Jambon, Desa Dapurkejambon, Kecamatan Jombang, Kabupaten Jombang, Jawa Timur diyakini oleh masyarakat sekitar sebagai masjid tiban atau masjid yang muncul tiba-tiba. Nama Manaazilul Akhiroh diberikan oleh Kiai Farhan, keturunan dari Kebokicak.

Menurut Kepala Desa Dapurkejambon Subbatul Alimi, cerita masjid tiban ini berawal saat Kiai Nur Khotib menantu Kebokicak punya rutinan shalat Jumat di Masjid Sunan Ampel Surabaya.

Suatu hari Kiai Nur Khotib ini telat tiba di Surabaya. Setelah shalat Jumat, Kiai Nur Khotib didatangi seorang ulama dan menasihati Kiai Nur Khotib untuk Jumat selanjutnya tidak perlu lagi datang ke Surabaya hanya untuk shalat Jumat. Tapi diminta mendirikan shalat Jumat di Jombang saja.

Saat Kiai Nur Khotib kembali ke Jombang, hal ajaib terjadi. Kiai Nur Khotib melihat tidak jauh dari rumahnya ada bangunan mirip masjid yang berdinding bambu sudah berdiri dengan gagah. Kabar adanya masjid baru ini tersebar kemana-mana lewat cerita dari warga satu ke yang lain lalu meluas ke berbagai daerah.

“Kiai Muhtar ini asalnya dari Desa Banyuarang, Jombang. Kiai Muhtar punya anak namanya Nur Khotib, punya anak namanya Ali, lalu lahir Baniyyah punya putra bernama Kiai Umar, lalu Kiai Idris, kemudian Kiai Hasyim. Dari Kiai Hasyim ini menurunkan Kiai Abdul Fattah yang menikah dengan Nyai Musyarofah binti KH Bisri Syansuri,” bebernya seperti dilansir situs resmi NU, Selasa (21/5/2019).

Dalam versi sejarah lain, seperti silsilah keturunan yang tertulis di makam Kiai Usman Tambakberas. Kiai Muhtar tidak memiliki putra bernama Kiai Nur Khotib seperti yang dipaparkan Alimi. Namun dari Kiai Muhtar langsung ke Ali hingga sampai Kiai Abdul Fattah, pendiri Madrasah Muallimin Muallimat 6 Tahun Bahrul Ulum Tambakberas.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here