Merasa Tak Menyinggung Kaum Difabel, Kiai Ma’ruf Enggan Minta Maaf

403
Cawapres nomor urut 01 KH Ma’ruf Amin
Cawapres nomor urut 01 KH Ma’ruf Amin.

Jakarta, Muslim Obsession – Cawapres nomor urut 01 KH Ma’ruf Amin enggan menyampaikan permintaan maaf terkait diksi ‘budek-buta’. Kiai Ma’ruf menegaskan dirinya sama sekali tidak menyinggung kaum difabel dalam ucapannya itu.

“Nggak menyinggung mereka kok minta maaf, begimana. Kecuali saya menyinggung. Saya nggak menyinggung siapa-siapa,” tegas Ma’ruf di Kediamannya, Jakarta Pusat, Rabu (14/11/2018).

Ma’ruf menyebut pernyataan ‘budek-buta’ bukan soal fisik. Dia kembali menjelaskan maksud sebenarnya dari diksi ‘budek-buta’ yang dipakainya saat mengkritik orang yang tidak bisa melihat prestasi pemerintahan Presiden Joko Widodo (Jokowi)-Wapres Jusuf Kalla (JK).

“Lah kan bukan budek dalam arti fisik. Budek-buta itu kan dia melihat tapi tidak melihat. Dia mendengar tapi tidak. Jadi bukan artian fisiklah. Kan sudah pernyataan dari pihak pembela itu. Itu nggak ada malasalah,” sebut Ma’ruf.

Forum Tunanetra Menggugat menyesalkan pernyataan Ma’ruf. Menurut mereka, pernyataan tersebut mencederai perjuangan kaum disabilitas di tengah masyarakat. Mereka ingin Ma’ruf meminta maaf kepada penyandang disabilitas di tanah air. (Has)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here