Mengenal Mush’ab, Sahabat Nabi yang Tampan dan Kaya Raya

213
Ilustrasi.

Muslim Obsession – Sejarah Islam mencatat sosok pemuda bernama Mush’ab bin Umair. Terlahir pada tahun 585 M atau terpaut 14 tahun lebih muda dari Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam.

Mush’ab dikenal sebagai pemuda berwajah tampan yang lahir dari keluarga kaya. Tak heran jika ia terbiasa dengan gelimang harta dan kenikmatan dunia lainnya.

Salah satu kebiasaan Mush’ab untuk menikmati dunianya adalah meminum khamr, penggemar pesta dan nyanyian. Dia keturunan Quraisy yang dilahirkan pada zaman jahiliyah dan dibesarkan oleh lingkungan penyembah berhala.

Nama lengkapnya adalah Mush’ab bin Umair bin Hasyim bin Abdu Manaf bin Abdud Dar bin Qushay bin Kilab al-Abdari Al-Qurasyi.

Ibunya pun sangat memanjakan Mush’ab, hingga nyaris sejak kecil sampai masa remajanya Mush’ab tak pernah merasakan kesulitan hidup dan kekurangan nikmat dunia.

Bahkan Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam memberikan kesan dalam sebuah haditsnya, “Aku tidak pernah melihat seorang pun di Mekkah yang lebih rapi rambutnya, paling bagus pakaiannya, dan paling banyak diberi kenikmatan selain dari Mush’ab bin Umair,” (HR. Hakim).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here