Mengenal Afghanistan Pasca Kemenangan Taliban

184

Oleh: Hendrajit (Pengkaji Geopolitik Global Future Institute)

Jatuhnya Kabul, ibu kota Afghanistan, mengundang ragam pembahasan ihwal masa depan negeri yang terletak di kawasan Asia Tengah itu. Keunikan geopolitik Afghanistan, negeri ini merupakan negeri daratan bergunung-gunung yang tidak punya pantai dan akses ke laut.

Adapun dari segi lokasi geografis, Afghanistan terjepit di utara oleh Republik Tajikistan, Uzbekistan, Turkmenistan dan Cina. Di barat berbatasan dengan Iran. Di timur dan selatan bertetangga dengan Pakistan. Dengan demikian Afghanistan terletak di persimpangan jalan antara Timur dan Barat, antara Eropa dan Asia, dalam arti lalu-lintas budaya maupun perdagangan.

Satu catatan lagi terkait nilai strategis Afghanistan dari segi lokasi geografis adalah di perbatasan Timur Laut terdapat celah Khyebar yang menghubungkan antara Afghanistan dan Pakistan. Di utara terdapat celah Salang, gerbang yang menghubungkan Afghanistan dengan Tajikistan.

Mengenali Psiko-Grafis Penduduk Afghanistan

Ada banyak etnik yang menyebut dirinya bangsa Afghan. Menurut beberapa catatan yang berhasil dihimpun tim riset Global Future Institute (GFI), penduduk Afghanistan terdiri dari 21 suku dan tidak kurang dari 30 bahasa daerah dengan paham keagamaan dan budaya yang beragam. Namun 50 persen menggunakan dialek yang berasal dari bahasa Parsi yang disebut bahasa Dari.

Etnik Pathan (Pastun) adalah kelompok mayoritas pengikut aliran Sunnah wal-jamaah dari Mahzab Hanafiyah, membentuk 38 persen dari total jumlah penduduk. Disusul etnik kedua terbesar yaitu Tajik yang berbahasa Parsi membentuk 20-25 persen. Hazara yang dianggap merupakan keturunan ras Mongol yang memasuki Afghanistan pada abad ke-13 membentuk 19-20 persen. Bersama suku Tajik, mereka adalah pemeluk mahzab Syiah.

Di antara semuanya etnik Aimaq dan Uzbek adalah etnik yang paling jelas menampakkan ciri-ciri Mongolnya, masing-masing 6 persen. Adapun Turkoman dan Kyrgiz yang berbahasa Turki membentuk 2 persen.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here