Mengejutkan! Pabrik Tekstil Ini Sudah Berusia 4.000 Tahun 

99

Turki, Muslim Obsession – Arkeolog Turki telah menemukan bagian-bagian dari alat tenun, alat untuk membuat tekstil dan aksesoris yang berasal dari empat milenium di barat Turki.

“Tahun lalu kami membuat beberapa temuan menarik terkait dengan produksi tekstil awal. Selama penggalian tahun ini, bagian rumah yang tersisa digali,” kata Eşref Abay, kepala tim penggalian, dikutip dari Daily Sabah, Kamis (24/9/2020).

Tim akan melanjutkan penggalian dan pekerjaan restorasi di Beycesultan Mound di provinsi Denizli barat.

“Sebagai bagian dari upaya kami, kami menemukan pabrik yang berusia 4.000 tahun. Ada juga bagian dari sebuah handloom,” ungkap Abay.

Dia mengatakan bahwa Beycesultan diperkirakan dibangun pada 5000 SM, dan mereka telah menemukan 40 lapisan budaya berturut-turut dari Zaman Perunggu Akhir.

Selama 12 tahun terakhir, penggalian salah satu pemukiman terbesar di Anatolia barat telah menemukan informasi yang mencerahkan tentang sejarah tekstil di wilayah tersebut.

Abay bercerita bahwa sebelumnya mereka menemukan suku cadang alat tenun dan bahan tekstil yang diperkirakan berusia 3.600 tahun di wilayah tersebut.

“Kami menemukan sebuah bangunan di sini yang berasal dari tahun 1700 SM. Kami pikir itu milik keluarga kaya karena ukurannya dan peralatan yang kaya,” tandasnya.

Diketahui, pabrik itu memiliki ruang tengah seluas 45 meter persegi (484 kaki persegi) yang digunakan sebagai bengkel, serta lima ruangan lain yang digunakan untuk tujuan berbeda juga ditemukan di lokasi.

Dia menunjukkan bahwa ribuan alat tenun yang digunakan dalam produksi tekstil, kulit kerang yang digunakan dalam dekorasi dan potongan tekstil yang dibakar telah ditemukan hingga saat ini.

Dia mengatakan bahwa bangunan itu pernah dilalap api raksasa, tetapi beberapa bagian selamat. Abay menambahkan bahwa penggalian akan dilanjutkan di rumah-rumah lain yang diidentifikasi di lapisan tersebut.

Penemuan ini membuktikan bahwa Beycesultan adalah produsen tekstil utama, dan ini memperpanjang sejarah tekstil di Denizli ke periode waktu yang lebih luas.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here