Menelusuri Jejak Pertama Kaki Nabi Adam di Puncak Gunung Sri Lanka

76

Muslim Obsession – Diyakini oleh sebagian besar orang di seluruh dunia bahwa Nabi Adam AS adalah manusia pertama di Bumi.

Namun sebagian besar masyarakat tidak mengetahui bahwa jejak pertama Nabi Adam AS masih dapat ditemukan di Sri Lanka.

Konon, jejak kaki itu menjalar tajam ke arah langit mulai dari hutan Sri Lanka yang berukuran 7000+ kaki lebih tinggi dari puncak gunung Sri Pada.

Terlebih lagi, puncak itu dikenal sebagai Jejak Kaki Suci. Puncak ini dianggap suci oleh 4 agama besar di bumi; Budha, Kristen, Islam, dan Hindu. Puncak ini lebih dikenal dengan nama Puncak Adams.

Dikisahkan, ketika Nabi Adam AS diusir dari Surga, ia ditempatkan di puncak gunung oleh Allah SWT agar guncangannya bisa minimal.

Puncak itu dinobatkan sebagai puncak tertinggi di dunia karena pelaut Arab Awal kagum olehnya meskipun puncak tersebut bukan yang tertinggi di Sri Lanka.

Belakangan ini banyak orang mengunjungi pegunungan sebagai perjalanan religius. Waktu puncak untuk perjalanan keagamaan terutama dari bulan Desember hingga April.

Ada sebuah Kuil Budha kecil dan kuil saman yang memiliki jejak kaki yang sangat besar di puncak gunung.

Ukuran tapak kaki Nabi Adam AS dikatakan setinggi 60 hasta dan tapaknya berukuran 5’7 “kali 2” 6 “.

Sejak migrasi terakhir, sekelompok kupu-kupu melakukan perjalanan setiap tahun di puncak gunung tetapi mereka akhirnya mati di puncak gunung sehingga puncak Adams juga dikenal sebagai Samanalakande yang diterjemahkan menjadi ‘gunung kupu-kupu’.

Menurut literatur, Nabi Adam AS menghembuskan nafas terakhir di kaki Gunung Qubais di Makkah.

 

Referensi: Atlas Al-Quran – Dr. Shauqi Abu Khalili (The Islamic Information)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here