Meminta Maaf untuk Kesalahan Sepele, Haruskah?

82
Meminta maaf (Ilustrasi)

Muslim Obsession – Saat kita sadar telah melakukan kesalahan meski menurut kita itu adalah kesalahan sepele, haruskah kita meminta maaf? Lalu, bagaimana jika kita sudah meminta maaf tapi belum dimaafkan?

Pertama-tama, menurut Buya Yahya adalah jangan menganggap kesalahan yang kita perbuat adalah sepele.

“Jadi ketika kita melakukan kesalahan kepada siapa pun, jangan sekali-kali Anda menyepelekan. Karena mungkin kecil kesalahan itu bagi Anda, namun bagi dia berat,” terang Buya.

Sebab orang itu berbeda-beda. Menurut Buya, ada orang yang tabah sekali, sehingga masalah besar menjadi kecil. Ada orang yang sensitif, masalah kecil jadi besar.

“Di saat Anda tidak meremehkan kesalahan itu, maka Anda berusaha meminta maafnya pun serius. Yang jadi masalahnya Anda meremehkan, makanya malas Anda minta maaf,” ujar Pengasuh Ponpes Al-Bahjah Cirebon itu dalam sebuah tayangan video.

“Dan yang terpenting adalah keseriusan Anda dalam meminta maaf. Bukan minta maaf yang pura-pura. Tunjukkan kalau Anda betul-betul menyesal. Kalau ternyata kita sudah luar biasa berusaha meminta maaf, namun belum dimaafkan, Allah Maha Tahu niat Anda, Allah lah Maha Pemaaf,” imbuh Buya. (Vina)

Simak lebih lengkapnya di sini:

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here