Masjid di India Buka Klinik Kesehatan Gratis untuk Semua Umat Agama

87

Jakarta, Muslim Obsession – Memakmurkan masjid adalah bagaimana masjid bisa memberikan manfaat sebesar-besarnya bagi masyarakat. Inilah yang sudah diimplementasikan oleh sebuah masjid di Hyderabad, India.

Meski menjadi kelompok minoritas, umat Islam di sana tetap bisa bekerja memberikan yang terbaik untuk masyarakat. Salah satu caranya pengurus masjid memfungsikan sebagian bangunannya menjadi klinik gratis. Klinik untuk sementara fokus melayani perempuan dan anak-anak.

Semua orang yang berada di sekitar masjid akan mendapatkan layanan pengobatan medis gratis, termasuk tes laboratorium. Masjid tersebut juga memberikan makanan ringan gratis untuk anak-anak di bawah usia 10 tahun.

Hal yang menjadi istimewa, masjid ini tak membedakan agama. Semua perempuan dan anak-anak dari berbagai agama dan keyakinan akan diberikan layanan gratis yang sama.

Dikutip dari Times of India, masjid ini menawarkan berbagai fasilitas kesehatan. Mulai dari nebulisasi (penguapan), mengganti infus, pengobatan luka dan fasilitas laboritorium lainnya.

Klinik ini juga fokus untuk melayani ibu hamil dengan memberikan mereka asupan makanan yang sehat dan obat-obatan yang dibutuhkan selama kehamilan.

“Klinik ini akan memberikan seluruh layanan dasar. Seluruh pemeriksaan laboratorium digratiskan, termasuk TIFFA scan untuk perempuan hamil hingga melahirkan, disediakan gratis,” ujarnya seperti dikutip dari Times of India, Jumat (28/8/2020).

Klinik yang berlokasi di lantai 1 masjid ini berhasil dijalankan melalui pendanaan yang dilakukan oleh sebuah NGO lokal, Helping Hand Foundation (HPH), yang bekerja sama dengan SEED, dari Amerika.

Manajer Operasional HPH, Mujtaba Hasan Askari, mengatakan klinik ini akan sepenuhnya dijalankan oleh perempuan. Termasuk di antaranya seorang dokter umum senior, spesialis anak, obsetri dan ginekologi, dokter gigi, ahli nutrisi, perawat, konselor, hingga staf umum, semuanya adalah perempuan. (Albar)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here