Makmurkan Masjid, Kerajaan Saudi Bentuk Pusat Bisnis

360

Riyadh, Muslim Obsession – Sebuah pusat bisnis di kantor pusat kementerian Riyadh kini menjadi pusat bisnis untuk mengelola urusan masjid-masjid. Diketahui ialah Menteri Urusan Islam, Seruan, dan Bimbingan Arab Saudi Abdullatif bin Abdulaziz al-Asheikh yang mendirikannya.

Wakil Menteri untuk Masjid, Seruan, dan Bimbingan Tawfiq al-Sudairy akan menjadi Ketua Dewan Pengawas Pusat. Wakil Menteri lantas harus mencalonkan anggota dewan lainnya dan sekretaris jenderal bagi pusat bisnis tersebut.

Berdasarkan keputusan tersebut, pusat bisnis itu akan bertanggung jawab atas pembangunan, operasi, perbaikan, pemeliharaan, dan pembersihan masjid. Kerajaan Saudi memiliki total 98.704 masjid. Namun, hanya sebanyak 17.145 masjid yang dikelola di bawah kontrak pemeliharaan dan pembersihan.

Selain itu, pusat bisnis tersebut juga akan menerima sumbangan, menginvestasikan sumber dayanya untuk menghasilkan lebih banyak uang, memiliki properti real estate, dan mengontrak perusahaan swasta untuk menjalankan proyek-proyeknya.

“Pusat bisnis itu akan menyediakan sumber keuangan yang diperlukan bagi pembangunan dan pemeliharaan masjid,” kata Al-Sudairy Seperti dilansir Saudi Gazette, Kamis (28/06/2018).

Ada lebih dari 81 ribu masjid, yang mewakili sekitar 82 persen dari total jumlah masjid di kerajaan yang tidak memiliki kontrak pemeliharaan atau pembersihan. Kementerian juga berencana membentuk dana wakaf untuk didedikasikan dalam melayani masjid di semua wilayah kerajaan. (Bal)

BAGIKAN

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here