Mahasiswa UIN Bandung Raih Medali Emas International Invention Competition for Young Moslem Scientists

74

Muslim Obsession – Mahasiswa jurusan Teknik Elektro Universitas Islam Negeri (UIN) Sunang Gunung Djati Bandung berhasil menyabet medali emas International Invention Competition for Young Moslem Scientists (IICYMS).

IICYMS diselenggarakan di Bandung secara daring, 1-4 Juli 2021. Ajang ini diikuti 155 Tim dari 13 negara.

Tim Mahasiswa Teknik Elektro terdiri dari Muhammad Alvito Aditya, Reno Muhammad Fadilla, Deri Ruswandi, Agung Tri Wahyudi, dan Muhitha Adha. Mereka mengikuti kategori Mechanical and Electrical Engineering dengan judul “The Prototype of Smart Garden System with Flutter Programming Algorithm using Solar Photovoltaic System”.

Selain medali emas, tim UIN Bandung juga meraih penghargaan “Special Awards from BUCA”, Turki. “Prestasi ini menjadi kebanggaan bagi UIN Sunan Gunung Djati Bandung apalagi jurusan Teknik Elektro,” kata Ketua Jurusan Teknik Elektro UIN Bandung, Nanang Ismail, Bandung, Senin (5/7/2021) dilansir Kemenag.

“Ini sangat membanggakan dan akan memotivasi mahasiswa lain untuk terus berprestasi, apalagi di ajang internasional, yang sudah barang tentu sangat berdampak positif bagi kemajuan jurusan,” sambungnya.

Nanang menjelaskan bahwa meski pandemi, mahasiswanya tidak berhenti berinovasi dan berprestasi. Nanang mengapresiasi kinerja supervisor Tim, Lia Kamelia, yang sudah mendampingi mahasiswa dalam berkarya.

“Kami berharap pandemi Covid-19 tidak menyurutkan kreatifitas, inovasi dan prestasi mahasiswa,” katanya.

Apresiasi juga disampaikan Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan Alumni dan Kerjasama Ahmad Fathonih.

“Kendatipun jurusan ini tergolong baru, mahasiswanya telah mampu bersaing dengan mahasiswa-mahasiswa antar negara, ini membanggakan,” ujarnya.

Menurut Fathonih, prestasi mahasiswa akan sangat berkontribusi pada peningkatan akreditasi prodi yang juga terakumulasi memperkuat kelembagaan universitas.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here